FAMILY

Ini Tanda Kehamilan Mulai Terasa

Anda Nurlaila
Senin 24 Februari 2020 / 17:18

Jakarta: Hubungan seks dapat mengarah ke kehamilan. Tapi seberapa cepat hubungan seks tanpa kontrasepsi membuahkan kehamilan dan wanita mulai merasakan gejala-gejalanya?

Pembuahan dapat terjadi setelah tiga menit berhubungan seksual atau membutuhkan waktu hingga lima hari. Seperti dimuat dalam Verywell Family, implantasi terjadi lima hingga 10 hari setelah pembuahan. Berarti antara lima hingga 15 hari setelah kamu berhubungan seks.

Sementara, gejala kehamilan dapat mulai dirasakan seminggu setelah kamu berhubungan seks atau bahkan beberapa minggu setelahnya. Namun, perlu diketahui juga bahwa beberapa wanita tidak pernah mendapatkan gejala kehamilan awal yang nyata.

Terjadinya pembuahan setelah hubungan seks

Penelitian menemukan bahwa sperma memerlukan waktu antara dua hingga 10 menit dari serviks ke saluran tuba di mana mereka dapat bertemu sel telur. Sperma berenang naik menuju rahim dalam posisi tubuh apa pun. Jika ada sel telur yang menunggu, pembuahan dapat terjadi secepat tiga menit setelah hubungan seksual.

Sperma dapat bertahan di dalam sistem reproduksi wanita hingga lima hari. Ini berarti hari saat berhubungan seks tidak harus menjadi hari kamu hamil. Jika kamu melakukan hubungan seks pada hari Senin, dan kemudian berovulasi pada hari Kamis, konsepsi dapat terjadi beberapa hari setelah kamu melakukan hubungan seksual.

Kadang-kadang, dokter akan memperkirakan hari pembuahan berdasarkan pada berapa minggu janin saat dilakukan pengecekan ultrasonografi. Meskipun kemungkinan hamil jika berhubungan seks 2-3 hari sebelum ovulasi, kamu bisa hamil dari hubungan seks yang terjadi hingga enam hari sebelum sel telur keluar dari ovarium.

embed

(Gejala kehamilan dapat mulai dirasakan seminggu setelah kamu berhubungan seks atau bahkan beberapa minggu setelahnya. Foto: Ilustrasi. Dok. Unsplash.com)

Kapan implantasi terjadi?

Implantasi adalah ketika sel telur yang dibuahi atau embrio menanamkan dirinya ke dinding rahim. Kehamilan terjadi jika telah ada implantasi di dinding rahim.

Tidak seperti anggapan kebanyakan orang, pembuahan tidak terjadi di rahim melainkan di tuba falopi. Setelah pembuahan, embrio perlu melalui sejumlah tahap perkembangan sebelum dapat menanamkan dirinya ke dalam lapisan rahim. Ia juga perlu melakukan perjalanan dari tuba falopi ke rahim yang membutuhkan beberapa hari. Implantasi biasanya terjadi antara lima hari dan paling lambat 15 hari setelah pembuahan.

Kapan gejala kehamilan mulai terasa?

Beberapa wanita mengklaim mengetahui mereka hamil dalam beberapa menit setelah berhubungan seks. Hal ini tidak mungkin secara ilmiah. Gejala-gejala kehamilan tidak akan muncul sampai implantasi embrio selama tujuh hingga 10 hari.

Tanda-tanda kehamilan saat implantasi juga tidak mungkin. Kebanyakan wanita tidak mulai mengalami gejala kehamilan sampai beberapa hari. Bahkan, sebagian wanita tidak pernah merasa hamil. Waktu paling awal untuk "merasa hamil" usai hubungan seks adalah sekitar tujuh hari. Umumnya butuh dua hingga empat minggu setelah hubungan seks sebelum gejala-gejala kehamilan terlihat.


(yyy)

MOST SEARCH