EXTERIOR

5 Jenis Sayuran yang Cocok Ditanam oleh Anak-anak

Sunnaholomi Halakrispen
Jumat 04 September 2020 / 17:17

Jakarta: Bercocok tanam menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan di tengah pandemi covid-19. Lebih menyenangkan lagi jika apa yang ditanam bisa dimakan anak-anak di rumah. 

Begitu pula jika bisa membuat anak-anak ikut menanam beberapa tanaman yang dapat dimakan dan menimbulkan ketertarikan. Terutama jika kamu menawarkan ruang mereka sendiri dalam wadah atau taman.

Saat tanaman tumbuh, biasakan anak-anak memeriksanya setiap hari. Cara ini akan membantu menemukan masalah apa pun dan ini cara yang bagus untuk mempelajari bagaimana tanaman tumbuh.

Lalu, apa yang bisa ditanam oleh anak-anak? Rentang perhatian seukuran anak kecil bisa menjadi masalah, jadi pilihlah sayuran yang bisa tumbuh cepat.

Saran ini dipilih berdasarkan rasa, penampilan, serta pertumbuhan yang cepat dan mudah. Berikut lima pilihan tanaman, dikutip dari ABC.

1. Kacang polong

Anak-anak bisa ngemil langsung dari kebun untuk menikmati kacang polong yang segar. Cara menanamnya, tabur langsung di iklim sejuk. Biarkan terkena paparan sinar matahari penuh di tanah yang dikeringkan dengan baik atau pot besar.

Tanam benih sedalam dua ruas jari dan dengan jarak 15 cm dan siram. Namun, jangan menyiram sampai bibit muncul, karena benih dan tanaman bisa menderita masalah jamur jika terlalu basah. 

Tanaman ini bisa dipanen dalam 6-7 minggu. Panen secara teratur untuk mendorong lebih banyak hasil tanaman. Alternatif lainnya, cobalah buncis di daerah sejuk.

embed

(Siram dengan air secara teratur, karena jagung adalah tanaman yang haus. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

2. Jagung

Menyaksikan benih kecil berubah menjadi tanaman yang lebih tinggi dari ukuran tubuh adalah hal menakjubkan bagi anak-anak. Sementara itu, karena jagung menyukai tanah yang hangat, jadi tanam di akhir musim semi-musim panas di daerah yang sejuk atau beriklim sedang.

Biarkan terpapar sinar matahari penuh di tanah yang subur dan memiliki drainase yang baik. Tanam di balok karena jagung diserbuki angin.

Siram dengan air secara teratur, karena jagung adalah tanaman yang haus. Tanaman ini bisa dipanen dalam 12 minggu. 

3. Tomat ceri

Tomat ceri sering kali terasa manis dan bisa menjadi camilan yang sempurna. Tumbuhan ini pun bisa tumbuh kapan pun. Tempatkan dengan sinar matahari penuh di tanah atau wadah.

Penyiraman yang konsisten setelah mulainya pembungaan akan menghindari pembusukan ujung bunga. Tanaman ini bisa dipanen dalam 7-12 minggu. Alternatifnya, jika kamu tidak memiliki ruang untuk tomat, cobalah stroberi.

4. Mentimun

Mentimun baik untuk camilan anak. Waktu penanamannya bisa di musim panas atau musim hujan. Tempatkan di lokasi yang berventilasi baik di bawah sinar matahari penuh atau di tanah dengan banyak bahan organik.

Untuk perawatannya, lindungi bibit dari siput. Di sisi lain, siram dengan air secara teratur. Tanaman ini bisa dipanen dalam waktu sekitar 8 sampai 10 minggu. Alternatif untuk pilihan salad mudah lainnya adalah selada.

embed

(Aroma dari tanaman ini bisa serasi untuk berbagai hidangan makanan di rumah, dan anak-anak akan menyukainya. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

5. Cokelat mint

Ini adalah tanaman peppermint berwarna coklat. Aroma dari tanaman ini bisa serasi untuk berbagai hidangan makanan di rumah, dan anak-anak akan menyukainya.

Tanaman ini bisa ditanam kapan saja, meskipun di zona dingin ia mati selama musim dingin. Saat menanam, jangan lupa disimpan di dalam pot. 

Untuk perawatannya, daun mint menyukai tempat yang lembap dan cerah. Maka, taruh potnya di wadah kedap air agar akar tetap lembap. Tanaman ini panen setiap kali muncul daun cadangan. 


(yyy)

MOST SEARCH