FITNESS & HEALTH

3 Kondisi Penyebab Payudara Gatal

Raka Lestari
Kamis 10 September 2020 / 14:09

Jakarta: Payudara terasa gatal merupakan hal yang umum dialami oleh para wanita. Biasanya, payudara yang gatal ini merupakan sesuatu yang tidak perlu dikhawatirkan. Pada kasus yang jarang terjadi payudara yang gatal juga bisa menjadi gejala dari kanker payudara.

Namun, ada beberapa kondisi lain yang kerap menyebabkan payudara menjadi gatal, seperti: 

1. Salah menggunakan bra

Payudara gatal juga mungkin bisa disebabkan oleh bra yang kotor. Dr. Gary Goldenberg, asisten profesor klinis dermatologi di Icahn School of Medicine menjelaskan pakaian kotor, termasuk pakaian dalam, sering kali mengandung bakteri yang dapat mengiritasi kulit.

Peringatan yang sama berlaku saat mengenakan bra baru. Dr. Goldberg mengatakan bahwa bahan sintetis seperti poliester dan lateks yang sering digunakan dalam bra juga menyebabkan iritasi kulit yang umum. Bahan-bahan tersebut dapat membuat kulit mengalami iritasi dan gatal.

2. Menggunakan bra saat olahraga 

Bra khusus yang digunakan untuk berolahraga memang bisa sangat membantu, tetapi itu juga berarti bahwa bra akan sangat ketat. Kompresi yang dikombinasikan dengan keringat adalah penyebab lecet dan ruam gatal. Jika, kamu tidak segera mencuci bra yang sudah penuh dengan keringat itu dan mencucinya dengan benar, bisa menyebabkan iritasi yang tidak nyaman.

embed

(Setiap habis berolahraga, segera cuci dan keringkan area payudara untuk mencegah jamur berkembang dan selalu kenakan bra olahraga yang bersih. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Menurut dokter kulit yang berbasis di San Francisco, Marie Jhin, keringat yang tertinggal di kulit di bawah payudara tidak hanya dapat menarik jamur, tetapi juga menyebabkannya jamur berkembang dan berkembang menjadi infeksi.

Ia menyarankan setiap habis berolahraga, segera cuci dan keringkan area payudara untuk mencegah jamur berkembang dan selalu kenakan bra olahraga yang bersih.

3. Gunakan sabun, detergen, atau wewangian yang keras

Dr. Shari Lipner, seorang dokter kulit yang berbasis di New York mengungkapkan bahwa banyak orang akan mengalami ruam atau kulit merah, bersisik, dan gatal jika mereka terkena sabun atau detergen yang mengiritasi dalam jumlah yang cukup banyak.

Jadi, jika pakaianmu mulai terasa tidak nyaman di kulit, terutama area kulit yang sensitif, mungkin inilah saatnya untuk mengganti detergen, sabun atau lotion yang mengandung wewangian tambahan.


(yyy)

RELATED ARTICLE

MOST SEARCH