KULINER

5 Cara Menyimpan Daging Kurban agar Tetap Awet

Raka Lestari
Selasa 04 Agustus 2020 / 10:33

Jakarta: Momen perayaan Iduladha identik dengan daging kurban. Beberapa orang ada yang memilih untuk langsung mengolahnya, tetapi ada juga yang memilih untuk menyimpan daging kurban. Lalu, apa saja yang harus dilakukan agar daging kurban bisa tetap awet?

Berikut ini adalah tips dari Chef Handry Wahyu dalam menyimpan daging kurban, agar tetap fresh dan aman untuk dikonsumsi, yakni:

1. Jika dicuci sebaiknya langsung dimasak 

Chef Handry mengatakan baik daging kambing maupun daging sapi kalau dicuci harus secepatnya dimasak karena ketika daging sudah bertambah kadar airnya, bakteri akan lebih cepat berkembang biak. Ia menyarankan jika tidak ingin langsung dimasak, bisa dilap menggunakan lap kering kemudian dimasukkan ke dalam freezer.

2. Perhatikan wadah yang digunakan 

Menurut Chef Handry, yang harus diperhatikan juga adalah pastikan daging kurban dalam keadaan sehat. Selain itu, pastikan wadah yang digunakan ketika akan dibagikan memenuhi standar atau tidak. “Biasanya kan menggunakan plastik ya, nah plastiknya itu apakah mengandung bahan berbahaya atau tidak,” ujarnya.

embed

(Sebaiknya potong-potong daging menjadi kecil terlebih dahulu, sebelum merebus daging. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

3. Pisahkan dengan jeroan 

Biasanya setelah mendapat daging, dicampur dalam satu tempat begitu saja. Nah, sebaiknya dipisahkan terlebih dahulu sebelum diolah. Jeroan mengandung bakteri yang lebih banyak dibandingkan daging, sehingga jeroan harus dipisahkan dan langsung diolah.

4. Potong daging jika ingin direbus

Beberapa orang memilih untuk merebus daging terlebih dahulu sebelum memasukkannya ke dalam kulkas, menurut Chef Handry hal tersebut bisa saja dilakukan namun sebaiknya potong-potong daging menjadi kecil terlebih dahulu. “Hal ini dilakukan agar daging lebih cepat membeku ketika dimasukkan ke freezer, sehingga bagian tengah daging juga bisa ikut membeku secara merata," sarannya. 

5. Hindari menyentuh daging 

Setelah daging dipisahkan, sebaiknya tangan tidak menyentuh daging secara langsung. Gunakan sarung tangan. “Sebelum menyentuh daging sebaiknya harus dicuci bersih, lebih baik lagi tidak disentuh pakai tangan sehingga bakteri di tangan tidak terkena daging,” pungkas Chef Handry. 


(yyy)

MOST SEARCH