EXTERIOR

Menara Hunian Bergaya Memutar di San Fransisco

Intan Yunelia
Rabu 12 Agustus 2020 / 11:31

Jakarta: Pasar perumahan San Francisco dari tahun ke tahun semakin berkembang. Terutama proyek yang dirancang oleh firma arsitektur legendaris seperti Bjarke Ingels Group, MVRDV, Arquitectonica.

Bangunan terbaru yang tengah menjadi buah bibir ini merupakan proyek yang sedang digarap oleh Studio Gang’s Mira. Yaitu sebuah Menara tempat tinggal dengan arsitektur yang mencolok.

Menara tersebut menjulang setinggi 37.161 meter persegi di atas lingkungan yang sedang berkembang pesat antara SoMa dan Embarcadero. Mira menonjolkan bangunan tersebut dengan sisi luar (eksterior) dinding tirai yang berliku. Dengan teknis mahakarya yang mengingatkan pada 8 Spruce Street yang bergelombang di New York milik Frank Gehry.

embed

(Bangunan terbaru yang tengah menjadi buah bibir ini menjadi menara tempat tinggal dengan arsitektur yang mencolok. Foto: Dok. Architecturaldigest.com)

Bangunan ini terdiri dari system modular yang berulang setiap 11 lantai dan meminjamkan Teknik dari industry kedirgantaraan untuk menciptakan permukaan yang benar-benar mulus dengan warna serba putih.

"Menafsirkan kembali jendela teluk klasik San Francisco, desain kami memperkuat kualitas dinamis lingkungan. Menyala setinggi menara 400 kaki ini, jendela ceruk menciptakan ruang unik di setiap hunian yang menawarkan udara segar, pemandangan luas, dan kualitas cahaya yang berubah sepanjang hari,” kata Jeanne Gang, pendiri Studio Gang, dilansir dari Architectural Digest.

embed

(Pemandangan dari unit model menunjukkan air di sekitarnya dan Jembatan Teluk. Foto: Dok. Architecturaldigest.com)

Sisi luar bangunannya juga berefisiensi tinggi, membantu mengurangi konsumsi energi keseluruhan gedung sehubungan dengan sistem pemanenan air abu-abu, atap hijau, dan sistem pendingin VRF. Dengan langkah-langkah seperti itu, Mira membidik sertifikasi LEED Gold.

Di belakang bangunan yang dinamis terdapat 392 kondominium mewah mulai dari satu hingga tiga kamar tidur, 156 diantaranya terdaftar di bawah harga pasar. Ditambah fasilitas seperti lounge di atap, pusat kebugaran, dan parkir valet, serta ruang ritel seluas 0,92903 meter persegi di permukaan jalan.


(yyy)

RELATED ARTICLE

MOST SEARCH