KULINER

Coffee Lovers Ini Bedanya antara Kopi Arabika dan Robusta

Kumara Anggita
Selasa 21 April 2020 / 18:45

Jakarta: Saat ini kopi adalah minuman yang paling diminati oleh banyak orang. Terbukti dari menyebarnya kedai kopi di mana-mana. 

Namun sayangnya, banyak dari para penggemar kopi yang bahkan kurang begitu paham mengenai kopi. Contoh paling sederhananya, mereka tak bisa membedakan antara kopi arabika dengan kopi robusta.

Hanan, selaku founder dan owner dari cafe Koba Rostery memberikan pencerahan mengenai perbedaan antara kopi tersebut. Menurutnya, hal paling mendasar untuk membedakan kedua kopi ini adalah dari rasanya. 

“Arabika ada rasa asamnya, sedangkan robusta rasanya cuman pahit," ujarnya. 

Ia menjelaskan bawah dalam hal penanaman kedua biji kopi tersebut juga berbeda. Robusta ditanam di bawah 10 ribu meter, kalau arabika di atas 1000 meter," tambahnya. 

embed

(Kopi asal Indonesia adalah pilihan terbaik. Foto: Ilustrasi. Dok. Unsplash.com )

Lain halnya jika berbicara soal rasa. Hanan mengatakan semua kopi sama enaknya. Namun, kembali pada selera masing-masing penikmatnya. Berdasarkan pengalamannya, kebanyakan pelangganya cenderung membeli kopi yang tidak pahit dan tidak asam.

“Kalau secara market orang lebih suka kopi susu. Kalau dulu itu bilangnya latte, capuccino, sekarang es kopi susu. Umumnya orang Indonesia suka kopi itu tidak pahit tidak asam,” ujarnya.

Menurut Hanan, kopi asal Indonesia adalah pilihan terbaik. Ini karena kopi di Indonesia pada dasarnya memiliki kualitas baik dan tentunya sebagai warga negara Indonesia, dia harus mendukung produk Indonesia.

“Ya I love indonesia. Kita punya petani yang banyak. Pakai produksi sendiri. Kopi kita rasa top apalagi kopi Sumatera. Kopi di Jawa Barat agak fruity, kalau Sumatera berbeda (arabica). Kopi indonesia lebih enak dari luar negeri,” tambahnya.

Cara membuat kopi enak di rumah

Hanan mengatakan membuat kopi enak di rumah tidak perlu repot. Menurutnya untuk membuat kopi yang enak hanya dengan ditubruk saja. Semakin halus teksturnya akan semakin enak kopinya.

embed

(Menurut Hanan, untuk membuat kopi yang enak hanya dengan ditubruk saja. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Robusta umumnya direbus dengan air mendidih, itu yang paling sederhana. Makin halus, rasa pahit kopinya makin keluar, makin kasar tentu tak begitu keluar. 

“Untuk suhu, umumnya arabika di suhu maksimal 90-95. Sedangkan, robusta, dengan air mendidih disiram seperti kopi Aceh, tarik seperti itu lalu direbus,” tutup Hanan. 


(yyy)

MOST SEARCH