FAMILY

Kiat Mengatur Istirahat dari Kecanduan Gadget

Intan Yunelia
Jumat 21 Agustus 2020 / 17:52

Jakarta: Saat ini, bekerja dari rumah telah menjadi bagian integral dari gaya hidup yang berubah selama pandemi covid-19. Ada banyak ketidakpastian tentang kapan waktu yang aman untuk kembali ke tempat kerja seperti sebelumnya. Karena kebijakan untuk kerja jarak jauh masih terus berlanjut.

Pada masa penyesuaian ini, mungkin akan terasa sulit. Meski begitu, ada kunci sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menjalani cara hidup di era pandemi:

1. Istirahat

Dengan segala sesuatu yang mulai bergeser seperti pekerjaan, kehidupan, dan hiburan menjadi virtual. Kamu perlu menjauh dari layar handphone atau komputer beberapa saat untuk mencapai kesehatan yang optimal.

“Mengambil jeda layar sepanjang hari akan membantu Anda menyelesaikan lebih banyak hal dengan lebih mudah dan menyenangkan serta menurunkan stress pada tubuh dan pikiran Anda yang akan bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan,” kata Kriste Lynn Landolfi, seorang pelatih transformasi ahli.

Meskipun, kamu akan tergoda untuk mengupdate berita terkini secara terus menerus dan menonton secara maraton, namun ada banyak cara untuk membatasi waktu kecanduan online.

Bersamaan dengan detoksifikasi digital tersebut, cobalah beristirahat secara berkala setiap hari untuk fokus pada diri sendiri. Meski, pekerjaan kadang-kadang menuntut lebih, namun jika kamu bekerja keras jam demi jam, kemungkinan kerja keras ini menghabiskan lebih banyak biaya daripada produktivitas.

embed

(Bersamaan dengan detoksifikasi digital, cobalah beristirahat secara berkala setiap hari untuk fokus pada diri sendiri. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

“Istirahat memungkinkan otak dan tubuh Anda mendapatkan pengisian ulang yang diperlukan untuk terus berjalan. Menjaga kesibukan mungkin tampak bermanfaat, tetapi dapat berdampak negatif pada kinerja jangka panjang dan kesehatan mental Anda,” ujar Brittany Johnson, seorang konselor kesehatan mental berlisensi.

Istirahat bisa sangat membantu untuk memfokuskan kembali perhatian jika kamu mengalami kondisi yang sudah berkonsentrasi atau merasa linglung. Luangkanlah waktu untuk mengisi ulang diri sendiri dan memberi waktu untuk merenungkan, memahami mengapa kamu merasa seperti ini. Jeda singkat ini sebenarnya dapat membantu me-refresh otak agar lebih terbiasa.

"Ini memberi Anda waktu untuk menemukan ide atau solusi lain untuk apa yang sedang Anda kerjakan," jelas Johnson.

2. Apa yang harus dilakukan?

Pilihannya tidak terbatas, tetapi kamu harus mencoba terlibat dalam hal-hal yang memberi rasa senang dan nyaman. Namun, ketahuilah bahwa mungkin tidak efektif untuk beristirahat dan terjebak dalam tugas monoton lainnya.

Krista-Lynn, yang bekerja dengan klien dari segala usia mulai dari profesional muda hingga selebriti, menyarankan untuk bermain dalam satu hari untuk meringankan suasana hati dan mendorong motivasi.

“Lain kali Anda merasa lesu di sore hari, nyalakan musik, bangun, dan menari. Menari adalah bentuk olahraga yang bagus yang meningkatkan detak jantung dan mengoksidasi otak, yang akan mengangkat kabut dan dengan cepat memfokuskan kembali Anda,” katanya.

embed

(Menari adalah bentuk olahraga yang bagus yang meningkatkan detak jantung. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Bila, kamu merasa putus asa habiskan waktu istirahat dengan melakukan aktivitas yang meningkatkan suasana hati. Johnson merekomendasikan untuk meningkatkan ketajaman mental untuk daya ingat, fokus, pemahaman, dan konsentrasi yang lebih baik.

“Ketajaman mental Anda dapat meningkat dengan berbagai cara. Memulai pagi Anda dengan latihan kesadaran singkat dapat memberi Anda kemampuan untuk memasang perhatian dan fokus. Saya juga merekomendasikan teka-teki jigsaw atau permainan lain yang membutuhkan pemecahan masalah untuk meningkatkan ketajaman mental,” tuturnya.

3. Kapan sebaiknya istirahat?

Waktu istirahat tidak bisa ditentukan. Karena mungkin suatu hari kamu tidak membutuhkan sama sekali. Namun, di hari lain mungkin sangat membutuhkannya. 

Selain istirahat makan dan mandi, disarankan untuk mengambil waktu istirahat ketika kamu merasa lelah. “Beristirahatlah saat Anda perlu memelihara dan merawat diri sendiri,” kata Erin Coupe, konsultan pola pikir.

“Praktik yang bermanfaat adalah bertanya pada diri sendiri bagaimana perasaan Anda secara emosional, mental, fisik setiap pagi. Jika Anda bangun dengan rasa lelah, marah, atau stres, Anda mungkin membutuhkan lebih banyak istirahat pada hari itu daripada hari-hari lainnya. Lihat kalender Anda dan rencanakan hari Anda,” tambahnya.

Kamu mungkin merasa sangat ceria di pagi hari, tetapi suasana hati dan tingkat energi dapat berubah sepanjang hari berdasarkan keadaan. 

“Salah satu waktu terbaik untuk beristirahat adalah tepat sebelum Anda mencapai titik terendah energi,” kata Emma Heilbronner, seorang pelatih kesehatan bersertifikat.

“Mulailah mengamati tingkat energi Anda sepanjang hari. Jika, Anda menyadari bahwa Anda memasuki kemerosotan energi secara konsisten, itu adalah sinyal bahwa sudah waktunya untuk bangkit dan menjauh dari tugas yang ada. Bila, Anda merasa lesu atau kehilangan motivasi, ambil jeda untuk memulai ulang dan menyegarkan," sarannya. 

4. Bagaimana cara mengontrol waktu istirahat?

Saat sekolah dimulai kembali pada musim gugur dan instruksi virtual dilanjutkan di rumah untuk sebagian besar siswa, mungkin sulit untuk menyeimbangkan manfaat istirahat dengan potensi gangguan.

Beberapa istirahat bisa lebih sulit dikendalikan daripada yang lain. “Jika Anda ingin beristirahat di media sosial, ada alat yang dapat Anda unduh ke komputer dan ponsel yang memungkinkan Anda memblokir situs atau aplikasi yang mengganggu selama jangka waktu tertentu, seperti SelfControl untuk Mac,” ujar Emma.

embed

(Jika Anda bangun dengan rasa lelah, marah, atau stres, Anda mungkin membutuhkan lebih banyak istirahat pada hari itu daripada hari-hari lainnya. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Namun, ada solusi lain untuk mengontrol waktu istirahat, menurut para ahli. Julie Michelson, seorang pelatih kesehatan kedokteran fungsional, merekomendasikan penggunaan pengingat dan alarm untuk melacak berapa lama kamu beristirahat.

“Tentukan sebelumnya berapa banyak istirahat yang ingin Anda ambil dan berapa lama istirahat itu. Ini akan membantu Anda tetap pada jadwal dan membantu Anda kembali ke pekerjaan dengan energi dan fokus yang meningkat, ”katanya.

Kuncinya adalah berkonsentrasi kerja sepanjang hari. Tetapkan batasan dalam jadwal untuk waktu perawatan diri yang sangat dibutuhkan. Tubuh dan otak kamu akan berterima kasih untuk itu.


(yyy)

MOST SEARCH