BEAUTY

5 Bahan Ini Dipercaya Mampu Hilangkan Bekas Jerawat

Kumara Anggita
Rabu 09 September 2020 / 17:40

Jakarta: Jerawat tidak hanya menjengkelkan ketika muncul, ini juga mengganggu ketika meninggalkan bekas. Bekas luka ketika breakout bisa menembus kulit secara mendalam dan merusak jaringan di bawahnya.

Namun, masalah ini bisa dikurangi dengan melakukan beberapa perawatan. Dikutip dari Healthline, bekas jerawat bisa dihilangkan dengan menggunakan bahan-bahan berikut: 

1. Asam alfa hidroksi

Asam alfa hidroksi (AHA) sering ditemukan dalam produk yang dibuat untuk mengobati jerawat karena membantu mengangkat kulit mati dan mencegah pori-pori tersumbat. Bahkan lebih baik lagi, AHA juga dapat membantu mengurangi munculnya bekas jerawat.

Asam ringan mengelupas lapisan luar kulit untuk membantu menghilangkan perubahan warna dan kulit kasar. Ini bisa digunakan untuk semua jenis bekas jerawat.

2. Asam laktat

Sebuah studi kecil tahun 2010 menemukan bahwa pengelupasan asam laktat yang dilakukan oleh dokter kulit setiap dua minggu sekali selama tiga bulan dapat memperbaiki tekstur, penampilan, dan pigmentasi kulit serta meringankan bekas jerawat.

Terdapat banyak peeling, serum, dan salep dengan asam laktat. Tetapi, kamu juga dapat menggunakan cuka sari apel yang diencerkan sebagai toner atau perawatan noda berkat asam laktat alami. Ini juga dapat digunakan untuk semua jenis bekas jerawat.

embed

(Kamu perlu menggunakan tabir surya setiap hari agar paparan sinar matahari tidak bisa menggelapkan bekas jerawat yang sudah ada. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

3. Retinoid

Retinoid topikal adalah pengobatan jerawat lain dengan manfaat penghilang bekas luka. Menurut review terbaru, selain mempercepat regenerasi sel dan memperbaiki tekstur kulit, retinoid juga dapat membantu mengurangi perubahan warna dan menyamarkan bekas luka. 

Namun, perlu diingat bahwa bahan ini juga dapat membuat kulit menjadi sangat sensitif terhadap sinar matahari. Maka, gunakanlah selalu tabir surya setiap hari saat menggunakan apapun yang mengandung retinoid. Bahan ini bagus digunakan untuk bekas luka atrofi atau depresi.

4. Asam salisilat

Asam salisilat dapat  membersihkan pori-pori, mengurangi pembengkakan dan kemerahan, serta mengelupas kulit saat dioleskan. Ini dianggap sebagai salah satu perawatan terbaik untuk bekas jerawat. Namun, kamu perlu bersabar karena dibutuhkan waktu beberapa minggu untuk melihat hasilnya. Perlu diingat pula bahwa bahan ini bisa membuat kulit kering dan iritasi. Ini bisa digunakan untuk semua jenis bekas jerawat.

5. Tabir surya

Terakhir, adalah tabir surya. Kamu perlu menggunakanya setiap hari agar paparan sinar matahari tidak bisa menggelapkan bekas jerawat yang sudah ada. 


(yyy)

MOST SEARCH