FITNESS & HEALTH

Ini Efeknya Jika Minum Kopi Saat Perut Kosong

Raka Lestari
Rabu 15 Juli 2020 / 16:18

Jakarta: Untuk sebagian orang, memulai hari belum lengkap tanpa secangkir kopi. Dengan minum kopi di pagi hari, beberapa orang merasa lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas. Namun, para ahli medis menyebutkan bahwa minum kopi dalam keadaan perut kosong bukanlah hal yang baik. 

“Terlepas dari kapan waktu Anda minum kopi, terlalu banyak minum kopi dapat menyebabkan perasaan gugup, gemetar, dan beberapa efek samping lainnya termasuk perubahan mood,” ujar Adam Simon, chief medical officer di Push Doctor.

Sehingga, tidak mengejutkan bahwa minum kopi pada pagi hari saat perut masih kosong dapat menimbulkan beberapa masalah. Seperti membuat kamu jadi lebih sering buang air kecil dan berpotensi menimbulkan gejala dehidrasi.

“Minum kopi saat perut kosong juga dapat berdampak pada detak jantung, menyebabkan detak jantung yang tidak teratur dengan memberikan tekanan pada jantung dan itu dapat memengaruhi tekanan darah Anda,” ujar Dr Simon.

embed

(Menunggu sekitar dua sampai tiga jam setelah bangun tidur merupakan waktu yang aman untuk bisa menyeruput kopi favoritmu. Foto: Ilustrasi. Dok. Pixabay.com)

Seorang ahli diet terdaftar, Carlyn Rosenblum, mengatakan minum kopi sesaat setelah bangun tidur juga dapat meningkatkan kortisol, yang berdampak buruk pada ovulasi, berat badan, serta keseimbangan hormon. 

“Kopi, sekalipun tanpa kafein terbukti dapat merangsang produksi asam. Dan, pada saat perut kosong, asam tersebut dapat merusak lapisan di perut dengan paparan berulang,” tambah Nitin Makadia, seorang ahli farmasi.

Dengan kata lain, sebaiknya kamu menunggu terlebih dahulu sampai setelah sarapan yang cukup sebelum minum kopi. Bila kamu menunggu lebih lama, maka lebih baik juga efeknya. 

Menurut Anar Allidina, seorang ahli diet terdaftar, menunggu sekitar dua sampai tiga jam setelah bangun tidur merupakan waktu yang aman untuk bisa menyeruput kopi favoritmu. 


(yyy)

MOST SEARCH