INTERIOR

Tumbuhan Herbal Alami yang Cocok Ditanam di Rumah

Intan Yunelia
Jumat 24 Juli 2020 / 14:46

Jakarta: Menanam dan merawat tumbuh-tumbuhan menjadi minat banyak orang saat ini. Mulai dari tumbuhan hias hingga sayur-sayuran. Menariknya, kamu juga bisa mencoba menanam tanaman herbal di rumah lho!

Namun, perlu diingat sebagian besar tumbuhan herbal membutuhkan sinar matahari penuh enam jam atau lebih per harinya. Pastikan letak tanaman herbal berada mendapatkan sinar matahari yang cukup. 

Dilansir dari House Beautiful, berikut tujuh pilihan tumbuhan herbal yang cocok ditanam di rumah. 

1. Sage

Sage memiliki daun berwarna hijau lembut, pucat, ungu dan lain sebagainya. Tumbuhan ini memiliki bunga berbentuk tabung yang benar-benar indah sehingga sangat disukai burung kolibri. Sage dapat dinikmati untuk makan malam saat perayaan Thanksgiving.

2. Thyme 

Tumbuhan ini pada dasarnya bisa bertahan hidup dengan baik. Tahan dengan kondisi panas, kering atau tanah yang buruk sekalipun. Tanaman ini juga tumbuh dengan cepat dengan daun bundar mungil berwarna putih, merah muda dan ungu yang disukai penyerbuk.

embed

(Sage biasanya dinikmati untuk makan malam saat perayaan Thanksgiving. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

3. Chives (lokio)

Daunnya yang panjang dan ramping, bunga lokio ini seperti bola dunia yang muncul di akhir musim semi dan awal musim panas. Tumbuhan ini bisa beradaptasi hampir di semua jenis tanah.

Tumbuhan ini juga menghasilkan biji. Jadi tahun depan kamu akan mempunyai lebih banyak bunga lokio. Tanaman ini bisa dikonsumsi dengan rasa yang mirip bawang putih. 

4. Sorrel

Tumbuhan ini mungkin asing terdengar. Memiliki daun yang panjang dan beberapa jenis memiliki urat merah gelap. Daunnya sedikit berbau lemon sehingga baik untuk campuran salad dan pengganti sayur bayam. Sorrel mudah tumbuh dari biji dan merupakan salah satu tanaman hijau pertama yang muncul di musim semi. 

embed

(Bunga chamomile dapat digunakan segar atau kering sebagai campuran teh hangat. Foto: Ilustrasi. Dok. Pixabay.com)

5. Oregano

Oregano memiliki bunga ungu kecil dan tumbuh berminggu-minggu. Bunga ini juga mudah beradaptasi dengan segala jenis tanah. 

6. Mint 

Cara menanamnya dalam pot yaitu tenggelamkan bijinya di tanah agar bisa tumbuh dengan cepat. 

7. Roman chamomile 

Bunga kecil seperti bunga aster tumbuh di tanaman lebat. Bunganya dapat digunakan segar atau kering dalam teh atau bunga rampai. Jenis bunga ini abadi dan tumbuh setiap tahun.


(yyy)

MOST SEARCH