BEAUTY

Manfaat Mandi Susu bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Raka Lestari
Jumat 04 September 2020 / 16:31

Jakarta: Mandi susu merupakan salah satu kebiasaan yang cukup sering dilakukan oleh wanita. Beberapa artis Hollywood seperti Mariah Carey juga mengaku bahwa ia sering mandi susu untuk menjaga kehalusan kulitnya. Dan, memang ternyata mandi susu memiliki manfaat yang baik untuk kulit lho!

Menurut dokter aestetik, Barbara Sturm, mandi susu merupakan salah satu rutinitas kecantikan yang bisa dilakukan. Menurutnya, mandi susu merupakan cara yang efektif untuk mengobati sunburn, iritasi kulit, hiperpigmentasi, eksim atau psoriasis.

Barbara Sturm mencatat bahwa mandi dengan susu berarti merendam kulit dalam lemak, protein, dan vitamin yang dibutuhkan kulit agar tetap lembut, halus, dan terhidrasi.

Begitu pun dengan Michelle Henry, seorang instruktur klinis dermatologi di Weill Cornell Medical College, mengatakan bahwa protein dan vitamin dalam susu dapat melembapkan dan menenangkan kulit yang meradang.

embed

(Untuk jenis susu yang digunakan kamu bisa menggunakan berbagai jenis susu yang disukai. Foto: Ilustrasi. Dok. Pixabay.com)

“Kandungan lemak, vitamin, dan mineral pada susu juga sangat baik untuk kulit. Vitamin E misalnya, dapat meningkatkan kesehatan sel-sel kulit. Tidak hanya itu, asam laktat yang terkandung dalam susu juga berfungsi sebagai eksfoliator yang dapat membantu menghilangkan sel—sel kulit mati dan membuat kulit menjadi lebih lembut," kata Strum. 

Untuk mandi susu, kamu tidak perlu mengisi bak mandi dengan satu galon susu. Cukup tuangkan satu atau dua cangkir susu ke dalam air hangat sebagai tambahan untuk rutinitas mandi. Sedangkan, untuk jenis susu yang digunakan kamu bisa menggunakan berbagai jenis susu yang disukai.

Susu murni, santan, susu beras, susu kacang kedelai, atau bahkan susu almond juga bisa digunakan. Kamu pun bisa menggunakan susu bubuk jika ingin pilihan yang lebih ekonomis. Dan sebagai tambahan, kamu bisa menambahkan sedikit madu dalam susu sekitar satu sendok makan.

Selamat mencoba!


(yyy)

MOST SEARCH