TIPS & TRIK

Tips Cerdas Belanja Online di Era New Normal

Sunnaholomi Halakrispen
Selasa 18 Agustus 2020 / 11:02

Jakarta: Selama pandemi covid-19, masyarakat diimbau untuk di rumah saja, sementara banyak tren gaya hidup baru yang bermunculan. Mulai dari tren baju pelindung diri, bercocok tanam, hingga bersepeda, yang bisa mudah didapatkan dengan berbelanja online. 

Meskipun, Pemerintah Indonesia sudah melonggarkan tempat umum seperti pusat perbelanjaan, belanja daring tetap menjadi pilihan banyak orang saat pandemi seperti sekarang. Cara ini bisa dilakukan demi tetap berbelanja sekaligus menghindari penyebaran covid 19.

Berdasarkan data Bain & Company dan Facebook, kawasan Asia Tenggara mengalami peningkatan pembelian online selama pandemi covid-19. Hal ini pun akan terus mengalami peningkatan setelah pandemi. Nah, berikut tips belanja cerdas dan aman selama pandemi ala Eraspace, diantaranya: 

1. Belanja yang dibutuhkan

Berbelanja online sama seperti kita belanja offline, yakni belanjalah sesuai kebutuhan. Pikirkan dan pertimbangkan barang-barang apa saja yang sedang dibutuhkan. Misalnya, laptop, tablet, atau perlengkapan bersepeda.

Jika mengikuti semua keinginan, akan mudah tergiur alias lapar mata atau kalap. Padahal, anggaran belum tentu memadai. Maka, jangan terlalu sering membuka situs belanja daring supaya tidak tergoda membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan. 

2. Teliti dalam membaca produk

Percaya atau tidak, masih banyak masyarakat yang tidak teliti membaca penjelasan produk sebelum membelinya. Maka, pastikan kamu menjadi konsumen yang cermat dengan membaca spesifikasi produk. 

Perhatikan detail pilihan warna, bentuk, hingga kegunaan barang tersebut. Cara ini untuk menghindari rasa kecewa atau gelisah saat barang yang sampai ke rumah tidak sesuai dengan ekspektasi. 

embed

(Bagi kamu yang mengandalkan kartu kredit. Jangan simpan informasi kartu kredit di website belanja. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

3. Cari penjual yang menawarkan garansi resmi

Khususnya saat ingin membeli gadget atau alat elektronik, pastikan kamu membelinya di toko yang menawarkan garansi resmi. Sebab, ini akan memengaruhi layanan purna jual jika terjadi kendala atau masalah. 

Selain itu, pastikan saat berbelanja kamu bisa mendapatkan informasi produk yang bisa didiskusikan dengan pihak penjual. Misalnya, saat  hendak membeli di toko online Eraspace yang mengklaim memberi jaminan garansi resmi dan pengalaman extraordinary dalam belanja online. 

Kualitas keamanan dan kesehatan pada produk pun perlu diperhatikan di era kenormalan baru. Upayakan, kamu membeli di toko online yang menerapkan sanitasi terhadap produk saat proses pengiriman, sehingga produk aman digunakan. 

4. Simpan informasi pribadi dengan baik

Tindakan waspada dengan menyimpan informasi pribadi pun penting. Apalagi, bagi kamu yang mengandalkan kartu kredit. Jangan simpan informasi kartu kredit di website belanja. Cara ini berguna agar bisa terhindar dari penyalahgunaan informasi kartu kredit oleh orang lain, misalnya untuk berbelanja tanpa sepengetahuan kita. 

Apabila, muncul pertanyaan apakah ingin informasi kartu kredit diingat atau disimpan secara otomatis untuk memudahkan pembelian di kemudian hari, pastikan untuk mengklik "tidak". Kemudian, supaya lebih aman, jangan lupa log out akun setelah selesai belanja melalui website. 


(yyy)

RELATED ARTICLE

MOST SEARCH