FAMILY

3 Minuman yang Sebaiknya Dihindari Ibu Hamil

Raka Lestari
Selasa 25 Agustus 2020 / 14:48

Jakarta: Sebelum hamil, kamu mungkin bisa mengonsumsi berbagai jenis minuman. Namun, tentunya hal ini berubah ketika kamu sedang hamil. Apapun yang dikonsumsi, akan memengaruhi kesehatan janin yang sedang berada di dalam kandungan. Sehingga, penting untuk memerhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi selama masa kehamilan.

Berikut ini adalah beberapa minuman yang sebaiknya perlu kamu hindari, diantaranya:

1. Alkohol 

Sudah pasti mengonsumsi alkohol merupakan salah satu hal yang tidak boleh dikonsumsi selama kehamilan. Akan tetapi, beberapa orang menyebutkan bahwa mengonsumsinya dalam jumlah sedikit tidak akan membahayakan janin. Apakah itu benar?

Menurut Dr Lyndsey Harper, seorang dokter spesialis kandungan sekaligus founder dari aplikasi kesehatan perempuan bernama Rosy, mengatakan bahwa tidak ada jumlah aman untuk alkohol yang bisa dikonsumsi oleh wanita hamil.

“Minum alkohol selama kehamilan dapat mengakibatkan sejumlah masalah serius seperti kelahiran prematur, berat lahir rendah pada bayi, cacat lahir, gangguan spektrum alkohol pada janin, keguguran, dan lahir mati,” katanya. 

embed

(Ingat, tidak ada jumlah aman untuk alkohol yang bisa dikonsumsi oleh wanita hamil. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

2. Kopi 

Pada saat hamil sebisa mungkin kamu harus menghindari konsumsi kopi. “Hal ini karena kafein dapat diturunkan melalui plasenta ke janin, para ahli biasanya merekomendasikan untuk membatasinya selama kehamilan hingga sekitar 200 miligram per hari, yaitu sekitar satu setengah porsi kopi,” kata Harper.

"Meskipun datanya terbatas, ada beberapa bukti bahwa tingkat kafein yang sangat tinggi, lebih dari 500 miligram per hari - dapat meningkatkan risiko kemandulan dan keguguran," tambah Harper. 

Kamu mungkin masih bisa minum kopi, tetapi Harper menyarankan untuk tidak mengonsumsi kafein dari sumber lainnya selama satu hari penuh.

embed

(Ada beberapa bukti bahwa tingkat kafein yang sangat tinggi, lebih dari 500 miligram per hari - dapat meningkatkan risiko kemandulan dan keguguran. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

3. Jus buah

Jus buah pada dasarnya memiliki banyak manfaat kesehatan bagi wanita hamil. Akan tetapi, Harper menyarankan untuk memastikan jus buah yang dipilih sudah dipasteurisasi. Wanita yang sedang hamil sebaiknya menghindari minuman yang tidak dipasteurisasi, salah satunya adalah jus buah botolan.

“Ketika disimpan selama lebih dari beberapa jam, bakteri berbahaya dapat berkembang biak dan menyebabkan keracunan makanan yang dapat menyebabkan konsekuensi serius bagi ibu dan janin. Sebagai gantinya, pilihlah jus yang baru dibuat atau sudah melewati proses pasteurisasi," saran Harper. 

embed

(Wanita yang sedang hamil sebaiknya menghindari minuman jus buah botolan. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


(yyy)

MOST SEARCH