BEAUTY

Kiat Mencegah Masalah Kulit Tangan di Era New Normal

Kumara Anggita
Rabu 09 September 2020 / 13:36

Jakarta: Di era new normal, kita jadi lebih sering mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer dibandingkan sebelumnya. Hal ini bisa membuat beberapa orang mengalami permasalahan kulit di tangan.

Namun, jangan khawatir. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah masalah kulit tangan, diantaranya: 

Cuci tangan dengan air mengalir

Menurut dr. Sonia Hanifati, SpDV, masalah kulit yang biasanya dialami di era new normal adalah kulit kering dan iritasi. Untuk menghindarinya, ia menyarankan agar kita lebih mengutamakan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun.

“Sebetulnya air mengalir ini akan membilas surfaktan yang ada di bahan pencuci. Ini yang akan mengikis kelembapan alami dari kulit. Fungsi air adalah membilas sisa ini sehingga kemungkinan iritasinya lebih kecil,” paparnya dalam Virtual Media Briefing dengan tema Perawatan dan Kehamilan yang Aman dan Nyaman di Era New Normal oleh Bamed.

Pakai pelembap

Bila dalam keadaan terdesak, kita jadi hanya bisa menggunakan hand sanitizer. Ia menganjurkan untuk menggunakan pelembap setelah menggunakannya.

“Sementara itu, penggunaan pelembap atau hand cream setiap kali selesai mencuci tangan dapat mencegah kulit kering dan iritasi akibat sering menggunakan hand sanitizer,” jelasnya.

embed

(dr. Sonia menyarankan agar kita lebih mengutamakan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Pilih hand sanitizer yang melembutkan kulit

Selain itu, ia juga menganjurkan kita untuk memilih hand sanitizer yang paling ramah dengan kulit. “Pemilihannya pun penting. Sekarang sudah banyak hand sanitizer yang ditambah pelembab contohnya yang mengandung gliserin. Jadi ini bisa merefill kelembapan alami yang terkikis oleh alkohol yang ada di dalam hand sanitizer,” ujarnya.

Hindari menggunakan antiseptik

Sabun antiseptik untuk publik secara penelitian belum ada yang terbukti memberikan perlindungan lebih dbandingkan sabun biasa. Jadi, mengingat sabun antiseptik lebih memungkinkan membuat iritasi, maka sebaiknya ini dihindari. 

“Orang dengan kulit sensitif, menggunakan sabun antiseptik berulang akan memudahkan timbulnya iritasi. Bila dengan berbagai tips tersebut, masalah kulit di era new normal ini belum tertangani, silakan konsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat. Penanganan yang cepat dan tepat dapat mencegah kerusakan kulit lebih lanjut, misal jerawat menjadi meradang atau iritasi kulit berlebih yang memudahkan terjadinya infeksi,” tutup dr. Sonia. 


(yyy)

MOST SEARCH