EXTERIOR

Indahnya Vila Tepi Pantai Berlatar Samudra Pasifik

Gervin Nathaniel Purba
Selasa 14 Juli 2020 / 19:07

Jakarta: Sebuah vila (holiday home) Casa Naila, di Meksiko, diubah menjadi empat blok di sekitar teras berbentuk silang. Dengan desain tersebut, semua kamar memiliki pemandangan laut dari berbagai sudut pandang.

Studio BAAQ menamainya Casa Naila sesuai dengan lagu tradisional dari wilayah Oaxaca. Terletak di desa Puertecito, semenanjung kecil yang menjorok keluar dari pantai Meksiko ke Samudra Pasifik, memberi rumah liburan ini pemandangan laut yang beragam.

Tujuannya agar penghuni dapat menikmati pantai yang kuat dan unik di pantai pasifik. Menggunakan elemen alami sebagai alat untuk membuat rumah sama kuat, tetapi sederhana nan elegan.

"Dinamai setelah lagu tradisional, Casa Naila menghormati Oaxaca. Mengeksplorasi kemungkinan baru tentang bagaimana menghuni pantai dengan menghormati tatanan sosial dan alaminya. Menggunakan bahan-bahan dari arsitektur pedesaan Oaxaca," kata salah satu pendiri BAAQ Alfonso Quiñones, dikutip Dezeen.

embed

(Menggunakan elemen alami sebagai alat untuk membuat rumah sama kuat, tetapi sederhana nan elegan. Foto: Dok. Dezeen.com)

BAAQ memecah rumah menjadi empat volume yang mengelilingi teras tengah berbentuk salib. Teras tengah dirancang untuk digunakan sebagai ruang luar. Area luar ruangan berisi serangkaian teras dan taman serta kolam renang.

"Karena kami memiliki dua pemandangan tepi laut. Teras berbentuk silang adalah skema yang bekerja sangat efisien, dan itu sesuai untuk membuat ruang secara visual lebih mudah diakses. Selain itu, juga membantu mengalokasikan sebagian besar kegiatan sosial di ruang terbuka sebagian besar," kata Quiñones.

"Sudut dan pemisahan volume memungkinkan untuk pemandangan laut dari ruangan manapun dan meskipun sederhana skema ini mencapai integrasi formal antara lanskap batu dan pantai," tambahnya.

Di lantai dasar, dua jilid yang berada tepat di samping pantai berisi dapur dan ruang makan. Dibagi oleh teras terbuka. Sebuah studio dan kamar tidur utama berada di lantai bawah dari dua blok lainnya.

Semua blok yang terpisah dari ruang makan memiliki lantai atas, yang dikombinasikan berisi empat kamar tidur.

embed

(Casa Naila tidak lepas dari pantai dengan pagar pembatas dan halaman terbuka langsung ke pantai sehingga rumah tidak terasa terisolasi dari masyarakat. Foto: Dok. Dezeen.com)

Vila dibangun di atas alas beton, dengan beton terbuka yang digunakan untuk membangun dinding struktural balok. Ini dikombinasikan dengan struktur kayu yang ditutupi dengan panel yang terbuat dari pohon-pohon palem.

Panel palm permeable berarti bahwa kamar dapat memiliki cahaya alami dan ventilasi silang, tanpa perlu jendela kaca.

Casa Naila tidak lepas dari pantai dengan pagar pembatas dan halaman terbuka langsung ke pantai sehingga rumah tidak terasa terisolasi dari masyarakat.

"Rumah terpisah itu terletak di pantai yang populer di mana keluarga setempat senang menghabiskan hari itu dan karenanya penting untuk membuatnya merasa menjadi bagian dari situs itu. Strateginya telah menghasilkan secara positif baik memungkinkan penghuni kontak langsung dengan pantai, sementara pengunjung dari pantai disambut untuk menggunakan kolam renang atau teras, sesuatu yang terjadi secara berkala untuk kepuasan pemilik," tutup Quiñones.


(yyy)

MOST SEARCH