KULINER

Penyebab Kopi yang Dipanaskan Rasanya Jadi Tidak Enak

Raka Lestari
Senin 11 Mei 2020 / 16:19

Jakarta: Saat ini, kopi menjadi kebutuhan banyak orang, terutama ketika di pagi hari sebelum memulai segala aktivitas mereka. Namun terkadang, beberapa orang juga memiliki kebiasaan untuk memanaskan kembali kopi mereka dan ternyata hal itu memiliki pengaruh yang cukup besar pada rasa kopi itu sendiri lho.

Emily Rosenberg, direktur operasi pendidikan dan pelatihan di Stumptown Coffee, menjelaskan bahwa sebelum biji kopi dipanggang, DNA mereka terdiri dari asam dan senyawa yang akan menjadi pahit jika kamu memanaskannya kembali.

Biji kopi yang masih berwarna hijau (unroasted) mengandung asam klorogenat, dan proses pemanggangan memecahnya menjadi asam kuinat dan asam caffeic. Asam klorogenat memiliki rasa pahit, asam kuinat dan asam caffeic keduanya memiliki rasa pahit dan astringen yang lebih kuat.

Menurutnya, semua kopi memiliki sedikit rasa pahit. Tapi dalam kopi yang baru diseduh, ada juga banyak rasa manis dan keasaman yang menyeimbangkan kepahitan dan membuat kopi memiliki rasa yang lebih kompleks dan lezat.

“Ketika Anda memanaskan kopi, Anda mendorong lebih banyak produksi asam quinic dan caffeic, sehingga memberikan kopi Anda rasa yang lebih pahit, astringen, dan tidak enak,” ujar Rosenberg.

embed

(Rosenberg mengatakan kopi yang diseduh akan terus matang akan mengekstraksi rasa yang tidak diperlukan ketika memanaskannya kembali. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Michael Phillips, dari Blue Bottle Coffee, menjelaskan itu semua karena senyawa volatil. Senyawa ini yang membuat kopi yang diseduh dengan sempurna memiliki rasa dan wangi yang sangat nikmat. Namun volatil ini sangat mudah rusak. 

Ketika kamu memanaskan kopi yang sudah diseduh, segala kebaikan dalam kopi akan hilang sehingga menyebabkan rasa yang lebih baik yang menempel dari proses pemanasan tersebut.

Ada juga partikel-partikel kecil yang melayang-layang di sebagian besar cangkir kopi yang akan terus matang dan semakin pahit ketika kamu memanaskannya kembali. 

“Kopi yang diseduh akan terus matang dan Anda akan mengekstraksi rasa yang tidak diperlukan ketika memanaskannya kembali,” tutup Rosenberg.


(yyy)

MOST SEARCH