KULINER

7 Sajian Es Serut Terenak dari Berbagai Negara

Sunnaholomi Halakrispen
Rabu 22 Juli 2020 / 14:42

Jakarta: Memasuki musim panas, sajian makanan atau minuman dari es tentu sangat menggoda ya! Seporsi es serut dengan berbagai isiannya selalu bisa bikin suasana otomatis jadi segar. 

Dari Jepang, Taiwan hingga Hawaii, berikut adalah tujuh es serut internasional yang harus dicoba untuk mengalahkan panasnya cuaca di siang hari!

1. Nam khaeng sai

Es serut versi Thailand, nam khaeng sai, tebal, beraroma segar, dan sangat manis. Stand kuliner tradisional dan restoran es serut menawarkan lusinan mangkuk kaca berisi topping berwarna-warni, seperti nasi ketan hitam, chestnut, kacang merah, manisan talas, nangka, leci, dan kelapa muda yang direndam dalam santan. 

Bahan ditempatkan di bagian bawah mangkuk. Kemudian campuran es ditumpuk di atas, disiram dengan pilihan sirup buatan seperti melati putih atau sirup merah. Lalu, ditutup dengan tambahan susu kental manis. Kamu bisa menemukan es ini di Bhan Kanom Thai, Los Angeles; Tea Cup Cafe, Queens.

2. Shaved snow

Mungkin variasi es serut yang tumbuh paling cepat di Amerika Serikat, salju serut Taiwan terjadi di seluruh negeri. Tidak seperti variasi es lainnya, kelezatan halus ini dibuat dengan es yang memiliki krim dan rasa berbeda, seperti matcha, strawberry, dan teh Thailand, yang dibekukan menjadi balok yang diserut dengan mesin khusus. Kemudian, diakhiri dengan beragam bumbu, mulai dari mochi dan Pocky stick kue untuk buah segar dan boba.

Kamu bisa mencobanya di Wooly, NYC; Iceskimo, San Diego; atau Nu Cafe, Houston.

embed

(Tidak seperti variasi es lainnya, kelezatan halus saved snow dibuat dengan es yang memiliki krim dan rasa berbeda. Foto: Dok. Zagat.com)

3. Es campur/ais kacang

Es serut adalah makanan pokok di sebagian besar Asia Tenggara. Variasi yang ditemukan di seluruh negara tetangga Indonesia ialah es campur, sedangkan di Malaysia dan Singapura disebut dengan ais kacang.

Secara kasar, kuliner ini diterjemahkan menjadi es kacang, dengan balok es yang diserut oleh mesin khusus menjadi tumpukan yang berwarna-warni. Kemudian, ditambah dengan sirup beraroma mawar, kelapa-pandan, gula aren, dan aroma lainnya, serts susu kental manis.

Terkadang, di ujung es krim seperti ada mangga, durian, dan nangka. Bahan-bahan tambahan biasanya cincau, kacang merah manis, dan buah kaleng, yang sering disembunyikan di bagian bawah mangkuk.

Kamu bisa menemukannya di ABC Malaysia di Nyonya di NYC; es campur di Bali Cafe di Miami; Philly’s V Street; atau di berbagai wilayah di Indonesia.

4. Halo-halo

Halo halo berarti campuran-campuran merupakan hidangan Filipina yang mencampur berbagai bahan dengan es serut seperti gado-gado. Ini adalah salah satu versi hidangan yang lebih populer di negara bagian, sesuai dengan kebangkitan restoran Filipina yang trendi di seluruh negeri. 

Di bagian bawah cangkir atau mangkuk, kamu akan menemukan bumbu manis seperti kacang merah, gel kelapa, macapuno (serat kelapa), pisang raja karamel, buah segar, dan buncis manis atau kacang merah. Bagian es serut yang sehat berlapis-lapis di atasnya, diikuti dengan susu evaporasi, flan, ubi ungu, keripik, dan es krim. 

Halo-halo tersedia di Pig and Khao, NYC; Talde Brooklyn and Miami Beach.

5. Kakigori

Makanan penutup Jepang ini memiliki tekstur empuk yang sebanding dengan salju yang diserut dengan halus dan manis. Ini jauh lebih mudah dibuat daripada kebanyakan variasi es, hanya gundukan es, cairan beraroma rasa buah, atasnya ditambah dengan susu kental.

Pada umumnya, rasa kakigori mencakup teh hijau, ceri, stroberi, dan prem manis. Beberapa tempat menambahkan es krim, kacang merah manis, atau mutiara tapioka.

Kamu bisa menemukannya di Sumi Robata Bar, Chicago; Nobu San Diego; atau Samurai Noodle Seattle dan Houston.

embed

(Halo-halo merupakan hidangan Filipina yang mencampur berbagai bahan dengan es serut seperti gado-gado. Foto: Dok. Zagat.com)

6. Patbingsu

Dalam bentuknya yang paling dasar, patbingsu Korea menggabungkan es serut dengan pasta kacang merah. Namun, sering kali dicampurkan dengan susu kental dan berbagai lapisan buah cincang, sirup, koktail buah, es krim, bubuk teh hijau, dan kacang-kacangan.

Kamu bisa menemukannya di Koryodang Bakery, beberapa lokasi, NYC atau di Sul & Beans, Los Angeles, atau di Koy Restaurant, Boston.

7. Hawaiian shave ice

Serpihan es serut Hawaii lebih tipis dan lebih ringan daripada versi lainnya. Cara ini memungkinkan sirup meresap ke dalam serpihan seperti salju individu, bukan bagian di bawah cangkir. 

Rasanya berkisar dari raspberry biru, stroberi, permen kapas, jambu biji, markisa, nanas, atau krim kelapa. Susu kental manis, es krim, kacang azuki, dan buah-buahan dapat menambah rasa manis dan tekstur ekstra.

Es ini tersedia di Waikikie Hawaiian BBQ, Atlanta; Wahine Kai Shave Ice dan Bubble Tea, San Diego; atau Es Mencukur Hawaii Ululani, beberapa lokasi, Hawaii.


(yyy)

MOST SEARCH