EXTERIOR

Unik! Jepang Ciptakan Toilet Umum Transparan

Gervin Nathaniel Purba
Senin 24 Agustus 2020 / 09:23

Jakarta: Jika berbicara mengenai transparan, tentu yang ada di bayangan kita adalah sesuatu yang dapat dilihat dan diketahui oleh orang banyak. Namun, bagaimana jika yang transparan itu adalah toilet umum?

Ya, toilet umum transparan, sehingga banyak orang bisa melihatnya dari luar. Jepang melakukan inovasi ini melalui Proyek Toilet Tokyo yang dirancang oleh arsitek pemenang hadiah Pritzker, Shigeru Ban, bersama dengan para desainer terkemuka lainnya.

Dikutip dari Times of India, alasan menciptakan toilet umum transparan bertujuan baik. Toilet umum biasanya dikenal bau, kotor, menakutkan, dan gelap. Meskipun, Jepang memiliki standar kebersihan yang lebih tinggi, penduduknya masih menyimpan ketakutan serupa. Oleh karena itu, diciptakanlah toilet umum transparan ini.

Proyek Toilet Tokyo yang diluncurkan oleh organisasi nirlaba, menyatakan bahwa ide di balik penerapan desain inovatif ini adalah membuat kamar mandi umum dapat diakses oleh semua orang tanpa memandang usia, jenis kelamin, atau disabilitas.

embed

(Toilet umum ini terbuat dari teknologi kaca pintar. Ketika seseorang sudah masuk, warna kaca akan menjadi buram setelah dikunci. Foto: Dok. Shigeru Ban/Nippon-foundation.or.jp)

Tujuannya adalah untuk membuat orang merasa nyaman saat menggunakan toilet umum, dan menumbuhkan semangat keramahtamahan untuk orang berikutnya.

Namun, jangan khawatir soal transparan. Sebab, toilet umum ini terbuat dari teknologi kaca pintar. Ketika seseorang sudah masuk, warna kaca akan menjadi buram setelah dikunci. Lalu, toilet umum ini akan menerangi taman seperti lentera indah pada malam hari.

Proyek Toilet Tokyo rencananya akan merenovasi 17 toilet umum di salah satu area komersial tersibuk di Tokyo, yaitu taman umum Shibuya.


(yyy)

MOST SEARCH