FASHION

Pesona Motif Tenun Karo Warnai Koleksi Alleira Batik

Raka Lestari
Kamis 10 September 2020 / 12:46

Jakarta: Alleira Batik bekerjasama dengan ESL Express Lorena Group membuat koleksi bertemakan Batik Motif Tenun Karo yang terinspirasi dari Suku Karo, Sumatera Utara.

Daerah ini subur dan kaya akan hasil-hasil pertanian, tak terkecuali kekayaan Adat dan Budayanya. Salah satu hasil karya Suku Karo adalah Kain Tenun Karo yang sudah terkenal hingga mendunia.

Arya Sinulingga, Staff Khusus Menteri BUMN Bidang Komunikasi Publik, mengatakan mulai diperkenalkan corak Batik Karo masuk ke market premium di Indonesia dan luar negeri dan ini semua kerja keras Eka Sari Lorena Soerbakti yang mengajak kerjasama Alleira untuk memproduksi Batik corak Karo.   

embed

(Masker dengan motif batik Karo menjadi salahs atu andalan Alleira Batik. Foto: Dok. Instagram/@alleira_batik)

“Baju yang saya pakai, masker yang saya pakai, syal yg dipakai Kakak Eka Lorena, sajadah untuk sholat, tas tenteng adalah sedikit dari produk-produk yg bercorak Batik Karo yang sudah diproduksi oleh Alleira, ujarnya pada acara Press Conference Batik Motif Tenun Karo, Rabu 9 September 2020. 

Dalam hal ini, Eka Sari Lorena Soerbakti berkomitmen untuk terus mengembangkan Batik Karo dengan mencari corak-corak yang sudah ada, tetapi belum dieksplore secara maksimal untuk dijadikan produk-produk Alleira.

embed

(Saat press conference dan peluncuran Batik Motif Tenun Karo, Rabu 9 September 2020 di Plaza Indonesia, Jakarta. Foto: Dok. Instagram/@alleira_batik)

Warna-warna yang kuat, cerah, dan berani diantaranya seperti merah, oranye, coklat, ungu, serta kuning. Juga, aksen keemasan dan hijau melambangkan keteguhan arti yang tegas sesuai karakter khas Suku Karo. 

Salah satu motif Karo yg terkenal adalah motif "Pengeret-ret". Ornamen ini berbentuk deformasi dari hewan cicak dengan kepala yang ada di sebelah kanan dan kiri.

embed

(Aksen keemasan dan hijau melambangkan keteguhan arti yang tegas sesuai karakter khas Suku Karo. Foto: Dok. Instagram/@alleira_batik)

Dalam masyarakat Karo dianggap simbol kekuatan, penangkal roh jahat dan simbol persatuan masyarakat dalam menyelesaikan suatu masalah. Motif ini pun menjadi salah satu motif andalan yang di aplikasikan ke dalam proses batik.


(yyy)

MOST SEARCH