FITNESS & HEALTH

Lakukan Yoga 5 Menit Ini agar Tidur Lebih Lelap

Intan Yunelia
Jumat 14 Agustus 2020 / 17:41

Jakarta: Cara bagus untuk memulai hari adalah dengan memiliki rutinitas pagi yang dapat meningkatkan energi. Tak hanya itu, istirahat malam yang cukup juga rupanya sangat penting untuk mendapatkan energi dan fokus.

Dilansir dari CNN, banyak penelitian menunjukkan bahwa sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan yang kuat untuk melawan virus terlebih saat pandemi Covid-19 ini.

Mungkin ada sebagian dari kamu yang kesulitan untuk tertidur dan lebih menghabiskan banyak malam terbaring di tempat tidur dengan frustasi karena tidak bisa tidur. Satu studi menunjukkan frekuensi tinggi insomnia terjadi selama pandemi ini dan beberapa ahli saraf tidur bahkan menyebutnya ‘Covid-somnia’.

Berikut rutinitas yoga lima menit untuk membantu kamu tidur lebih nyenyak setiap malam. Menurut National Sleep Foundation, dengan latihan yoga secara teratur membantu penderita insomnia untuk tidur lebih lama dan lebih cepat tertidur.

1. Pose jempol kaki berbaring

Pose ini meregangkan paha belakang, pinggul, dan betis dengan cara yang santai dan menenangkan karena posisi bersandar.

Berbaring telentang dengan kaki lurus di depan. Kemudian, bawa lutut kanan ke dada dan letakkan tangan di belakang paha kanan. Luruskan kaki kanan ke arah langit-langit.

Jika, kamu merasakan otot hamstring meregang, tetap tahan. Jika tidak, gerakkan tangan hingga ke betis. Untuk peregangan yang lebih dalam, raih tangan kanan ke arah kaki kanan dan pegang jempol kaki kanan dengan ibu jari, telunjuk, dan jari tengah.

Tekuk kaki dan rasakan regangan di belakang bagian belakang kaki. Rilekskan bahu lengan kanan dan pastikan punggung bawah kamu tetap di tempat tidur. Tahan selama tiga tarikan napas. Ulangi di sisi lain.

embed

(Foto: Dok. Cnn.com)

2.  Pose kadal

Pose ini sangat membantu untuk melonggarkan fleksor pinggul yang menjadi kaku karena duduk di meja atau dalam posisi sempit sepanjang hari.

Dari tangan dan lutut, langkahkan kaki kanan kamu ke luar tangan kanan. Jaga lutut kanan ditekuk di atas pergelangan kaki kanan. Jika kamu lebih fleksibel, kamu bisa sedikit lebih melangkahkan kaki kanan ke kanan dan membuka kaki ke kanan. Letakkan tangan di dalam kaki kanan, dan tahan di sini.

Untuk peregangan yang lebih dalam, kamu bisa turun ke lengan bawah atau ke atas bantal. Rilekskan bahu dan rasakan regangan di depan pinggul kiri. Tahan selama tiga tarikan napas. Ulangi di sisi lain.

embed

(Foto: Dok. Cnn.com)

3.  Pose sudut terikat

Lepaskan ketegangan dengan pose ini yang membantu meregangkan dan mengendurkan paha bagian dalam, selangkangan, serta pinggul.

Duduk tegak, satukan telapak kaki di depanmu. Buka lutut kamu lebar-lebar. Kemudian, letakkan tangan di pergelangan kaki dan duduk tegak. Tarik napas dalam-dalam dan buang napas saat kamu melipat ke depan. Rilekskan bahu dan rasakan regangan di bagian dalam kaki. Tahan selama lima napas.

embed

(Foto: Dok. Cnn.com)

4. Pose merpati

Pose ini benar-benar mengisolasi otot-otot pinggul dan pada akhirnya melembutkan kekakuan, yang membuat kamu merasa lebih ringan dan rileks.

Dari tangan dan lutut, bawa lutut kanan ke depan dan sejajarkan tulang kering kanan sehingga sejajar atau hampir sejajar dengan kaki tempat tidur. Luruskan kaki kiri di belakangmu.

Arahkan tangan di depan tulang kering kanan. Tahan di sini, atau jika kamu ingin memperdalam peregangan, berjalanlah lebih jauh dengan tangan dan biarkan dada terlipat ke depan melewati tulang kering kanan. Tahan selama lima napas, lalu ulangi di sisi kiri.

embed

(Foto: Dok. Cnn.com)

5. Angkat kaki ke dinding

Pose ini membantu mensirkulasi ulang aliran darah di kaki dan tungkai serta menenangkan sistem saraf.

Berbaring telentang sehingga kaki mengarah ke kepala tempat tidur. Geser pantatmu sedekat mungkin dengan kepala tempat tidur (jika bertumpu pada bantal di kepala tempat tidur, tidak apa-apa).

Lakukan rutinitas yoga ini setiap malam sebagai bagian dari rutinitas sebelum tidur. Latih tubuh dan otak untuk melepas penat sebelum kamu tertidur sehingga di pagi hari kamu akan siap untuk memulai hari.

embed

(Foto: Dok. Cnn.com)


(yyy)

MOST SEARCH