FAMILY

Ragam Manfaat Alpukat untuk Bumil dan Janin

Raka Lestari
Rabu 29 Juli 2020 / 14:30

Jakarta: Saat memasuki masa kehamilan, ada beberapa daftar makanan yang boleh dan tidak dikonsumsi oleh seorang calon Ibu. Namun, kamu  tidak perlu khawatir, alpukat termasuk buah yang sangat baik untuk dikonsumsi selama menjalani kehamilan.

Pasalnya, buah dengan daging berwarna hijau kekuningan ini memiliki kandungan lemak sehat yang sangat baik untuk tubuh.

Dikutip dari Medical New Today, alpukat bisa dijadikan camilan atau makanan yang bersahabat bagi wanita hamil karena mengandung folat yang sangat sehat untuk kehamilan. Folat merupakan vitamin B yang sangat spesifik dan sehat.

Menurut The Daily Meal, folat dapat mengurangi risiko cacat lahir. Wanita hamil membutuhkan sekitar 600 mikrogram folat, yang dikenal juga dengan asam folat. Ketika mengonsumsi satu buah alpukat, kamu akan mendapatkan 164 mikrogram folat.

embed

(Alpukat juga bisa dikonsumsi kapan saja, baik pada saat sarapan, makan siang, atau makan malam. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Manfaat lain dari mengonsumsi alpukat adalah untuk mengurangi morning sickness pada trimester pertama. Menurut What to Expect, alpukat merupakan salah satu makanan terbaik yang dikonsumsi pada saat hamil karena memliki kandungan vitamin B6 yang tinggi yang dapat membantu mengurangi dampak buruk pada kehamilan.

Selain itu, alpukat juga mengandung lemak sehat yang dapat membantu pertumbuhan organ-organ bayi selama berada di dalam kandungan. Tubuh manusia juga menyerap lebih baik vitamin dan mineral karena alpukat mengandung lemak tidak jenuh tunggal.

Alpukat juga bisa dikonsumsi kapan saja, baik pada saat sarapan, makan siang, atau makan malam. Alpukat menawarkan banyak manfaat lain kepada Ibu, seperti kadar kalium tinggi dan zat besi, yang merupakan mineral penting lainnya yang diperlukan untuk mencapai kehamilan yang sehat.


(yyy)

MOST SEARCH