GADGET TALK

Dukung Liburan Aman, Google Travel Luncurkan Fitur Info Covid-19

Gervin Nathaniel Purba
Rabu 19 Agustus 2020 / 17:09

Jakarta: Keinginan orang untuk berlibur tetap tinggi meskipun wabah covid-19 belum mereda. Sebagian besar orang merasa jenuh dan ingin menenangkan diri dengan jalan-jalan ke tempat alam terbuka.

Melihat hal ini, Google menyatakan keinginannya untuk membantu mereka yang masih melihat peluang kecil untuk berlibur. Raksasa teknologi pencarian itu berperan mengumpulkan data dan informasi virus corona tentang atraksi, penerbangan, dan hotel lokal untuk memposisikan dirinya sebagai toko serba ada untuk perencanaan perjalanan selama pandemi.

Ketik tujuan manapun di google.com/travel. Kemudian, kamu akan menemukan detail penting termasuk persentase kamar hotel yang tersedia dan persentase penerbangan yang mengoperasikan rute tersebut.

Kamu juga akan mendapatkan informasi tentang harga rata-rata untuk penerbangan, hotel, tautan ke saran perjalanan, dan informasi penyakit lokal.

"Pertanyaan nomor satu yang kami dapatkan adalah, bisakah kami melakukan perjalanan dengan aman? Kami telah mencoba mengatasinya dengan menyertakan pembaruan nasihat dalam penelusuran perjalanan," ujar Wakil Presiden Manajemen Produk untuk Google Travel Richard Holden, kepada Bloomberg, dikutip dari Travel and Leisure.

embed

(Google.com/travel memungkinkan pengguna untuk merencanakan jauh-jauh hari dengan menyematkan tempat-tempat yang harus dilihat ke Google Map. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Holden menjelaskan destinasi dengan lonjakan jumlah kasus virus covid-19 yang terkonfirmasi diberi warna merah. Dengan demikian, para wisatawan dapat mempertimbangkannya kembali, atau mencari lokasi lain.

"Semakin banyak kasus di tempat tujuan wisata, semakin besar kemungkinan terinfeksi selama perjalanan, dan menyebarkan virus kepada orang lain ketika Anda kembali," Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengingatkan.

Dalam beberapa minggu mendatang, Google berencana menambahkan informasi tentang akomodasi yang menawarkan pembatalan gratis. “Karena ketidakpastian seputar covid-19, orang sering kali menginginkan fleksibilitas saat membuat rencana perjalanan,” kata perwakilan Google.

Jika belum cukup siap untuk bepergian, google.com/travel memungkinkan pengguna untuk merencanakan jauh-jauh hari dengan menyematkan tempat-tempat yang harus dilihat ke Google Map. Lalu, melacak harga penerbangan dan hotel di satu tempat.


(yyy)

MOST SEARCH