BEAUTY

Penyebab Wajah Berminyak dan Cara Mengatasinya

Raka Lestari
Jumat 11 September 2020 / 09:33

Jakarta: Memiliki kulit wajah berminyak tentu akan sangat mengganggu. Sebagian dari kamu mungkin berpikir bahwa dengan rutin mencuci wajah dapat mengurangi produksi minyak. Namun, bila mencuci wajah berlebihan juga justru dapat merusak atau bahkan mengiritasi kulit wajah. 

“Minyak yang terdapat pada kulit berasal dari kelenjar sebasea. Biasanya, kelenjar ini ada di sekitar folikel rambut. Kelenjar menghasilkan sebum, zat minyak yang mengandung ceramide,” kata Hooman Khorasani, MD, kepala emeritus dari divisi kosmetik dan dermatologi di Mount Sinai Health System, New York. 

Pada dasarnya, ceramide adalah asam lemak yang membantu membentuk pelindung kulit. Penghalang ini dimaksudkan untuk melindungi dari tekanan lingkungan seperti matahari atau polusi. Ceramide juga membantu kulitmu mengatur tingkat kelembapan. 

Khorasani menyebutkan ada berbagai macam penyebab kulit menjadi berminyak. Pertama, jika kamu memiliki lebih banyak kelenjar sebasea maka kamu lebih mungkin untuk memiliki kulit berminyak. “Jumlah kelenjar sebasea ditentukan secara genetik. Orang yang kulitnya lebih cerah biasanya memiliki lebih banyak kelenjar sebasea,” ujarnya.  

“Area T-zone Anda yaitu bagian dahi, hidung, dagu, dan sekitar mulut Anda juga memiliki kelenjar sebasea yang lebih banyak sehingga cenderung menjadi bagian wajah Anda yang paling berminyak,” tambah Khorasani. 

embed

(Chimento menyarankan untuk mencuci wajah dua sampai tiga kali sehari jika keringat berlebihan. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Selain sebum berlebih, faktor lain yang dapat menyebabkan kulit berminyak diantaranya: 

- Hormon, terutama selama masa remaja atau kehamilan 

- Obat-obatan 

- Kecemasan atau stres 

- Faktor lingkungan 

- Keringat berlebihan 

- Kulit kering 
 
“Eksfoliasi yang berlebihan dapat mengganggu fungsi alami penghalang kulit, sehingga menyebabkan kulit menjadi dehidrasi dan membuat kulit terasa lebih kencang,” tutur Stacy Chimento, MD, seorang dermatology dari Riverchase Dermatology. 

Produk perawatan yang keras untuk kulit juga dapat menyebabkan menghilangkan minyak alami kulit yang kerap menyebabkan masalah. “Ketika kulit kekurangan kelembapan, akan terasa kencang dan gatal dan terlihat lebih berminyak,” ujar Chimento. 

Untuk mengatasinya, ia menyarankan untuk mencuci wajah dua sampai tiga kali sehari jika keringat berlebihan. Selain itu, jangan terlalu sering mencuci wajah secara berlebihan karena dapat menyebabkan produksi minyak yang berlebihan pula.


(yyy)

MOST SEARCH