BEAUTY

4 Obat Alami untuk Menghilangkan Jerawat

Kumara Anggita
Rabu 02 September 2020 / 15:08

Jakarta: Jerawat yang muncul tiba-tiba bisa membuat mood beberapa orang menjadi bete dan kesal ya. Namun, hal ini seharusnya tidak berlangsung lama karena ada beberapa cara menghilangkan jerawat dengan cepat dengan bahan-bahan alami.

Berikut bahan-bahan yang bisa Anda beli dan coba di rumah:

1. Tea tree

Dikutip dari Healthline, tea tree ini terkenal karena kemampuannya melawan bakteri dan mengurangi peradangan kulit. Bahan ini efektif melawan dua bakteri yang menyebabkan jerawat seperti P. acnes dan S. epidermidis. 

2. Minyak esensial

Selain minyak pohon teh, ada juga minyak esensial lain yang memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi sehingga dapat membantu membersihkan jerawat dengan cepat.

Sebuah tinjauan ilmiah besar menemukan bahwa minyak esensial dari kayu manis, mawar, lavender, dan cengkeh melawan bakteri penyebab jerawat S. epidermidis dan P. acnes Selain itu, Rosemary dan serai juga terbukti menghambat P. acnes.

embed

(Saat dioleskan ke kulit, gel lidah buaya telah terbukti membantu melawan bakteri, mengurangi peradangan, dan meningkatkan penyembuhan luka. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

3. Teh hijau

Banyak orang meminum teh hijau karena manfaat kesehatannya, namun juga dapat bermanfaat jika dioleskan langsung ke kulit. Teh hijau mengandung flavonoid dan tanin, yang dikenal dapat membantu melawan peradangan dan bakteri penyebab jerawat.

Ini juga tinggi antioksidan epigallocatechin-3-gallate (EGCG), yang telah terbukti melawan peradangan, mengurangi produksi sebum, dan menghambat pertumbuhan P. acnes pada orang dengan kulit rawan jerawat.

4. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan tumbuhan tropis dengan daun yang menghasilkan gel bening. Saat dioleskan ke kulit, gel lidah buaya telah terbukti membantu melawan bakteri, mengurangi peradangan, dan meningkatkan penyembuhan luka. Oleh karena itu, bahan ini cocok untuk menghilangkan masalah jerawat.


(yyy)

MOST SEARCH