KOMUNITAS

Meluncur Bareng FOX, Komunitas Skateboard Kalijodo

Sandra Odilifia
Senin 07 September 2020 / 10:55

Jakarta: Nama Kalijodo yang terletak di perbatasan Jakarta Barat dan Utara, identik dengan suasana dunia malam. Sejak tahun 1970-an Kalijodo tak bisa lepas dari yang namanya pekerja seks komersial (PSK), perjudian serta preman. Bahkan, daerah di kawasan Jakarta Utara ini sangat lekat dengan kriminalitas, sehingga membuat daerah di sekitarnya menjadi rusuh dan kumuh. 

Namun, siapa sangka seiring waktu Kalijodo telah disulap menjadi kawasan ruang terbuka hijau. Jika kalian berkunjung, saat ini image negatif itu sudah berganti. Kalijodo sudah bersalin rupa menjadi salah satu Taman Kota di Jakarta yang baru diresmikan 2017 lalu.

embed

(Tampilan skate park di Taman Kalijodo. Foto: Dok. Instagram/@familyofxjodo)

Di taman ini terdapat beberapa sarana dan prasarana yang cocok didatangi untuk liburan. Seperti, skate park yakni lintasan skateboard. Setiap sore, lintasan skateboard jarang sekali sepi. Meskipun, bukan hari libur, lintasan skate board di Kalijodo selalu diramaikan oleh pencinta skateboard. Salah satunya adalah komunitas skateboard Family of Xjodo. 

Awal berdiri

Dalam program podcast The Community di PodMe.id, Pacul sebagai salah satu pendiri FOX menuturkan awal mula dibuatnya komunitas skate tersebut. Ia menuturkan bahwa FOX berdiri tepatnya tanggal 24 September 2018. Yakni setahun setelah taman Kalijodo direnovasi. 

"Tapi sebenarnya komunitas FOX sendiri itu orang–orangnya udah lama dari jaman 2000-an gitu. Nah, semenjak adanya Kalijodo itu kita pindah semua sekitar 2018-an 2017 akhir lah. Terus kita resmiin adanya FOX itu karena semakin banyak anggotanya. Kita resmiin FOX-nya itu di bulan September. Karena itu juga ada tuntutan dari orang–orang Pemda saat itu," ungkap Pacul. 

Sebelum ada skate park di Kalijodo mereka semua semua mainnya di Kota Tua Fatahillah. Namun, Pacul mengatakan saat ini di Kota Tua sudah dilarang untuk bermain skateboard. Jadi, merekapun pindah ke Kalijodo. Sehingga, yang tadinya nama mereka 'Fatahillah Boy' diubah menjadi 'Family of Xjodo.'

Skateboarding school 

Pacul menyebutkan salah satu kegiatan di komunitas FOX adalah skate boarding school. Skate school di komunitas tersebut berbasis syariah,  Artinya, mereka mendirikan skate school tanpa adanya pungutan biaya apapun. Alasannya, karena mereka tahu di sana kebanyakan masyarakat kelas menengah ke bawah, sehingga mereka tidak menetapkan biaya alias gratis. tu

"Jadi, untuk yang namanya kita harus skate school itu bayar ya kalo menurut gua si engga ini banget lah maksudnya engga nyaman lah mungkin ya untuk kaum menengah ke bawahnya. Gua sendiri begitu makanya gua pikir yaudah kita buat ini secara dedikasi untuk anak–anak dan kita Alhamdulillah udah menghasilkan atlet juga dari Kalijodo gitu," tutur Pacul. 

Erlangga adalah salah satu anak dari komunitas FOX yang berhasil menjadi atlet skateboard. Ia sempat menjadi juara 2 pada kompetisi skateboar dan rencananya akan mewakili Indonesia di Sea Games. 

Tekad bulat 

Menurut Pacul, untuk menjadi pemain skateboard tidak ada syarat khusus. Hanya saja, kamu harus memiliki tekad bulat untuk terus berlatih. 

"Cuma kiat yang pertama itu ya tekad aja sih sama modal berani lah. Tiap hari rutin datang untuk latihan dan melihat permainan orang lain jadi memicu untuk bisa juga," sarannya. 


(yyy)

MOST SEARCH