KULINER

Cara Membuat Khao Jee, Nasi Ketan Bakar Asal Thaliand

Sunnaholomi Halakrispen
Senin 27 Juli 2020 / 19:03

Jakarta: Menu ini adalah camilan gaya Timur Laut Thailand yang populer. Camilan yang sangat renyah di luar ini memiliki sentuhan rasa berasap dan lembut di dalamnya. 

Khao Jee dapat dinikmati begitu saja dan juga cocok dengan daging panggang pilihan sesuai seleramu tentunya. Berikut cara membuatnya, dikutip dari Import Food.

Bahan: 

- 2 cangkir nasi ketan Thailand (beras ketan)
- 1 sdm bumbu penyedap Maggi
- Bawang putih
- 1 sdt bubuk lada
- 6 butir telur

Cara membuat:

1. Siapkan nasi ketan Thailand. Rendam dua cangkir ketan dalam air semalaman, lalu kukus 45 menit dalam panci. Bentuk ketan seperti roti bundar yang agak tebal layaknya patty hamburger. Dengan dua cangkir nasi ketan, kamu akan mendapatkan sekitar 8 roti.

2. Pecahkan telur dan masukkan ke dalam wajan datar, lalu aduk rata.  Tambahkan bumbu penyedap Maggi dan tambahkan bawang putih.

3. Panggang dua atau tiga roti ketan selama 30 detik di setiap sisi. Ini akan membuatnya renyah dan padat.

4. Selanjutnya, celupkan setiap sisi patty ke dalam campuran telur dan kembalikan ke atas panggangan. Masak dengan hati-hati agar tidak hangus, menggunakan penjepit untuk memegang patty dan membalikkannya. Saat patty mulai berwarna kecokelatan, masukkan kembali ke dalam campuran telur, lapisi merata, dan panggang kembali.

5. Kemudian, lumuri patty dengan adonan telur sebanyak tiga kali lalu panggang lagi hingga berwarna kuning keemasan. Jika, sudah terlihat kering dan renyah, angkat. Lalu, sajikan dan nikmatilah.

Happy cooking!


(yyy)

MOST SEARCH