INTERIOR

5 Ide Kreatif Mendesain Outdoor Kitchen Bar

Gervin Nathaniel Purba
Rabu 10 Juni 2020 / 13:43

Jakarta: Memasak dan makan di ruang terbuka menjadi tren dapur modern saat ini. Tak jarang, pemilik rumah mendesain halaman belakang rumah dengan dapur terbuka.

Selain sebagai tempat memasak dan makan-makan, halaman belakang dengan dapur terbuka juga menjadi tempat cocok untuk bersantai.

Menurut laporan tren 100 Pinterest 2020, pencarian global untuk "bar dapur terbuka" naik 2.795 persen antara Agustus 2018 dan Juli 2019, dibandingkan dengan periode waktu yang sama di tahun sebelumnya.

Pilihan untuk bar halaman belakang berkisar dari atas tinggi sederhana dengan tempat duduk bangku ke dapur outdoor lengkap dengan wastafel dan kulkas mini. Jika kamu sedang ingin mendesain dapur terbuka, berikut kelima ide yang bisa menjadi inspirasi: 

1. Tidak harus terlihat mewah

Kamu dapat membuat bar halaman belakang rumah sendiri dengan beberapa tumpukan di blok semen dan meja kayu.

Sejajarkan kursi teras setinggi counter di luar untuk tempat duduk dan hias dengan tanaman merambat atau tanaman pot. Untuk menambah kemampuan memasak, gulung panggangan di samping bar dan gunakan meja untuk menjaga bahan dan peralatan memasak tetap dekat.

2. Merancang sendiri

Untuk tampilan yang lebih mewah dan harganya lebih murah dari desain khusus, cari peralatan dapur dan bar luar ruang yang dijual di toko perbaikan rumah atau dari produsen online.

Banyak dari unit kabinet ini, yang biasanya mencakup area panggangan dan meja yang terpasang dapat dipasang sendiri. Kamu dapat menyesuaikan tata letak dengan berbagai bahan dan tambahan seperti oven pizza, lemari es, atau bak cuci piring.

embed

(Kamu juga harus menyertakan tempat duduk di tempat lain untuk melengkapi ruang. Sofa dapat menjadi tempat yang nyaman untuk menikmati minuman atau makanan pembuka. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

3. Gunakan penyimpanan untuk persediaan

Pastikan kamu memiliki penyimpanan yang memadai untuk membatasi jumlah stok yang diperlukan untuk mengangkut persediaan di luar.

Simpan peralatan memasak, perlengkapan minum, bahan-bahan koktail, serbet, dan kebutuhan pokok lainnya di tempat yang nyaman dan mudah diakses saat memasak atau menikmati minuman di luar. Jika menggunakan desain tanpa lemari atau laci, gunakan alat penyimpanan tambahan, seperti laci atau tempat lain.

4. Tentukan area tempat duduk

Dapur luar ruang yang paling dasar hanya mencakup panggangan dan tempat untuk mengatur persediaan memasak, yang bekerja dengan baik jika kamu bekerja dengan anggaran terbatas atau ruang kecil.

Namun, kamu juga harus menyertakan tempat duduk di tempat lain untuk melengkapi ruang. Sofa dapat menjadi tempat yang nyaman untuk menikmati minuman atau makanan pembuka.

Nah, untuk menikmati hidangan utama kamu bisa menarik kursi teras, bangku taman, atau bangku ke meja makan luar ruangan.  

5. Personalisasi dengan warna dan pola

Secara keseluruhan gaya rumah mencerminkan estetika pribadi. Gabungkan kayu, batu, ubin, logam, dan cat untuk menciptakan tampilan yang kamu inginkan. Tutupi pulau dapur terbuka dengan ubin berpola tebal, misalnya, atau percikan warna pada kursi teras setinggi bar dengan cat baru.


(yyy)

MOST SEARCH