KULINER

Tambahkan Garam agar Kopi Tidak Terlalu Pahit

Raka Lestari
Jumat 28 Agustus 2020 / 17:44

Jakarta: Minum kopi bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan semangat. Beberapa orang menyukai  minum kopi di pagi hari sebelum melakukan aktivitas harian mereka. Namun, tak sedikit juga orang yang masih belum mengetahui trik saat minum kopi. 

Tahukah kamu, salah satu caranya adalah dengan menambahkan sejumput garam pada kopi. 

Dikutip dari The List, menambahkan garam pada kopi dapat membuat rasa kopi menjadi tidak terlalu pahit. Dengan menambahkan garam, reseptor rasa asin di lidah akan menjadi aktif sehingga dapat membantu menekan rasa pahit tersebut. 

Rasa pahit memang identik dengan kopi, akan tetapi tidak semua orang menyukai rasa pahit pada kopi dan after taste yang mungkin sedikit apek. Menambahkan garam pada kopi, bisa mengurangi hal ini.

embed

(Menambahkan garam pada kopi dapat membuat rasa kopi menjadi tidak terlalu pahit. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Penulis buku masak terkenal dan pakar ilmu pangan, Alton Brown menjelaskan garam tidak hanya menghilangkan rasa pahitnya, tetapi juga menghaluskan bau apek yang mungkin disebabkan oleh air yang digunakan dalam membuat kopi.

“Selain itu, beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa garam lebih baik dalam menetralkan rasa pahit dibandingkan gula,” tambah Brown.

Meskipun, bermanfaat jika ditambahkan pada kopi, jangan sampai kamu menggunakannya terlalu banyak sehingga kopi justru menjadi terasa asin. 

Brown mengatakan biasanya ia menambahkan seperempat sendok teh garam kosher ke setiap 6 sendok makan bubuk kopi.

"Jumlah tersebut tidak terlalu memengaruhi rasa kopi, tetapi dapat mengurangi rasa pahit kopi jika Anda tidak menyukainya,” tutup Brown.


(yyy)

MOST SEARCH