FAMILY

Tips agar Tidak Stres Jalani PSBB Kedua di Jakarta

Sunnaholomi Halakrispen
Jumat 11 September 2020 / 18:49

Jakarta: Bagi orang yang terbiasa bersosialisasi dengan orang lain, menahan diri tidak bepergian selama empat hingga enam bulan ini sangatlah sulit. Namun, Jakarta kembali menerapkan PSBB mulai senin, 14 September 2010.

Jika, pembatasan sosial berskala besar (PSBB) diberlakukan, maka seluruh masyarakat di area Jakarta harus menjalankannya. Itu artinya, kamu perlu sejumlah cara agar tidak stres dalam PSBB total kali ini.

"Solusinya adalah atasi rasa jenuh dan bosan tersebut.  Namun, pilihlah kegiatan yang masih mempertahankan protokol kesehatan dan sebenarnya bisa dilakukan di rumah," ujar Psikolog Anak, Remaja, dan Keluarga, Efnie Indrianie, M.Psi. 

Menurutnya, masyarakat bisa membuat kegiatan yang menarik bersama keluarga di sekitar tempat tinggal. Apabila, terpaksa bepergian pilihlah lokasi yang relatif kosong atau hampir tidak ada orang agar tetap bisa menjaga jarak aman. 

embed

(Masyarakat bisa membuat kegiatan yang menarik bersama keluarga di sekitar tempat tinggal. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

"Jika pada remaja, maka bimbingan dan pendampingan dari orang tua sangat dibutuhkan, mengingat bagian otak yang mengendalikan kematangan dalam membuat keputusan pada remaja belum berperan dengan optimal," jelasnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberlakukan pembatasan sosisal berskala besar (PSBB) total dengan alasan kapasitas tempat tidur isolasi pasien virus corona (covid-19) semakin menipis.

"Data yang kita miliki, 17 September tempat tidur yang kita miliki akan penuh dan habis itu tak mampu menampung lagi," kata Anies dalam konferensi pers, Jakarta, Rabu, 9 September 2020.

Saat ini terdapat 4.053 tempat tidur isolasi dengan persentase pemakaian sebesar 77 persen. Sedangkan, jumlah tempat tidur ICU sebanyak 528, persentase pemakaian sebesar 83 persen. Data ini diambil dari 67 rumah sakit (RS) rujukan pada Minggu, 6 September 2020.


(yyy)

MOST SEARCH