INTERIOR

4 Tanda Kamu Harus Segera Mengganti Kasur

Raka Lestari
Kamis 27 Agustus 2020 / 17:11

Jakarta: Kasur merupakan investasi yang penting, mengingat hampir kebanyakan orang menghabiskan cukup banyak waktunya di kasur. Oleh karena itu, mengganti kasur setelah digunakan selama beberapa waktu juga merupakan hal yang harus diperhatikan.

“Meskipun banyak iklan yang menyebutkan bahwa kasur bisa digunakan pada rentang waktu 7 – 10 tahun, jangka waktu pemakaian kasur sebenarnya bisa bervariasi,” ujar Santhosh Thomas, DO, MBA direktur medis di Cleveland Clinic's Center for Spine Health.

Selain membuat tidak nyaman, kasur yang sudah terlalu lama digunakan juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Berikut ini adalah tanda-tanda bahwa kasurmu sudah harus segera diganti:

1. Sudah berubah bentuk 

Kamu harus mempertimbangkan untuk mengganti kasur jika sudah berubah bentuk, mengendur, atau jika ada pegas yang keluar dari kasur.

“Jika Anda selalu merasa sakit, terutama di leher, bahu, pinggul, atau punggung setiap habis bangun tidur maka kasur Anda mungkin tidak lagi menopang tubuh Anda dengan benar,” kata Jonathan S. Kirschner, MD, RMSK, seorang ahli fisioterapi di Hospital for Special Surgery.

2. Menyebabkan alergi atau memicu serangan asma

Seiring berjalannya waktu, kasur bisa menjadi tempat berkembangnya bakteri atau tungau debu. Dan, bagi orang yang berjuang melawan asma, tungau debu bisa menjadi pemicu utama serangan asma. Jika, kamu menemukan bahwa serangan asma selalu terjadi saat tidur, maka ini bisa menjadi pertanda bahwa kasur perlu dicuci atau diganti dengan yang baru.

embed

(Jika kamu selalu merasa sakit, terutama di leher, bahu, pinggul, atau punggung setiap habis bangun tidur maka kasur mungkin tidak lagi menopang tubuhmu dengan benar. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

3. Berjamur

Selain menampung bakteri dan tungau debu, kasur juga mungkin sudah harus diganti jika kamu melihat ada bintik-bintik hitam pada kasur. Bintik-bintik hitam pada kasur, bisa jadi menandakan bahwa kasur terdapat jamur. Dan, jamur juga bisa memicu reaksi alergi. Untuk itu, segeralah ganti kasurmu jika hal ini terjadi.

4. Terdapat kutu 

Kutu kasur juga merupakan salah satu masalah yang cukup sering ditemui pada kasur. Bila, kamu menemukan ini, berarti kasur sudah perlu diganti. American Sleep Association (ASA) menyebutkan jika kutu kasur sudah bersarang di kasur, maka ini peringatan untuk kamu untuk segera menggantinya.


(yyy)

MOST SEARCH