GADGET TALK

Hebat! UNDIP Ciptakan Robot Tangan Bionik untuk Sahabat Difabel

Yuni Yuli Yanti
Selasa 04 Agustus 2020 / 08:57

Jakarta: Untuk membantu difabel lumpuh tangan di Indonesia, mahasiswa dan tim peneliti Universitas Diponegoro (UNDIP), Semarang, Jawa Tengah, menciptakan robot tangan bionik yang diharapkan para difabel bisa beraktivitas kembali seperti biasa. 

DR. Rifki Ismail, Ketua PUI PT CBIOM3S UNDIP, mengatakan UNDIP memiliki pusat penelitian Biomed yang berfokus meneliti di bidang kesehatan. Dan, mereka sempat membuat prototype tangan robot. Sampai suatu saat kami bertemu pengguna tangan bionik yang dipasangkan oleh RS. TNI AL Dr. Ramelan. 

"Beliau menggunakan tangan bionik yang dibuat dari luar negeri. Kemudian, oleh Dr. Aji Suryanto kami diberi tantangan membuat tangan bionik seperti yang ada di luar negeri untuk para difabel yang diamputasi tangannya. Dari situlah kami mulai serius meriset menggunakan apa yang sudah kami miliki," ungkap DR. Rifki  dikutip dari Metrotvnews.com. 

Robot tangan bernama Albiondi ini bisa digunakan sahabat difabel yang mengalami kelumpuhan tangan akibat kecelakaan atau ketidaksempurnaan sejak lahir.  Diciptakan untuk memudahkan melakukan pergerakan tangan di tengah kegiatan sehari-hari.

embed

(Karena keprihatinan dan keterbatasan sahabat disabilitas lumpuh tangan, lantas UNDIP menciptakan robot tangan yang diberi nama Albiondi. Foto. Dok. Metrotvnews.com)

Albiondi digunakan untuk memberikan bantuan gaya mekanis atau memperkuat gerakan sendi-sendi jari tangan pemakai yang bergerak berdasarkan sinyal-sinyal otot yang masih tersisa. 

Menurut DR. Rifki, tangan prostetif ini tidak sekedar sebagai kosmetik atau tiruan saja. Namun, dilengkapi teknologi modern dengan kemampuan hingga dapat memegang suatu barang. 

"Cara kerjanya, kami memanfaatkan kontraksi otot lengan untuk menggerakan tangan bionik. Ada tujuh jenis gerakan tangan bionik yaitu menggenggam, jari telunjuk, mengambil koin, menulis, menggenggam gelas, botol, dan lain sebagainya. Ada banyak sekali yang bisa mereka lakukan dengan menggunakan tangan bionik ini," jelasnya. 

embed

(Para peneliti UNDIP berharap dapat memproduksi secara massal robot tangan Albiondi. Foto. Dok. Metrotvnews.com)

Robot tangan Albiondi didesain menyerupai bentuk dan ukuran tangan layaknya manusia lain. Diharapkan inovasi ini mampu berkontribusi bagi dunia kesehatan dan solusi strategis bagi disabilitas di Indonesia. 

Tim riset dari UNDIP berhasil menciptakan sebuah karya inovasi dalam penelitian dan beberapa percobaan pengembangan sejak tahun 2014. Para peneliti juga berharap dapat memproduksi secara massal robot tangan Albiondi tersebut.

"Memang sudah ada proposal dari perusahaan yang ingin mengkomerisalkan robot ini. Tapi, kami berharap BPJS Ketenagakerjaan dan Kementrian Kesehatan menjadikan platform tangan bionik ini bisa dipakai teman-teman yang teramputasi sehingga bisa dipakai di seluruh Indonesia," pungkas DR. Rifki.  


(yyy)

MOST SEARCH