BEAUTY

Minyak Pohon Teh Diyakini Ampuh Atasi Jerawat

Kumara Anggita
Senin 07 September 2020 / 09:22

Jakarta: Jerawat adalah salah satu masalah yang bisa membuat orang jadi tidak nyaman dengan dirinya sendiri. Namun, untungnya untuk beberapa orang, masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti tea tree oil atau minyak pohon teh.

Dikutip dari Healthline, minyak ini berasal dari pohon Melaleuca alternifolia, yang berasal dari Australia. Minyak pohon teh terkenal bisa melawan bakteri dan mengurangi peradangan kulit.

Secara khusus, minyak ini membantu melawan P. acnes dan S. epidermidis yang merupakan dua jenis bakteri penyebab jerawat.

Satu studi menemukan bahwa gel yang mengandung lima persen tea tree oil hampir empat kali lebih efektif dalam mengurangi lesi jerawat dan hampir enam kali lebih efektif dalam mengurangi keparahan jerawat daripada plasebo.

embed

(Minyak pohon teh terkenal bisa melawan bakteri dan mengurangi peradangan kulit. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Dalam penelitian lain, gel yang mengandung lima persen minyak pohon teh terbukti sama efektifnya dalam mengurangi jerawat seperti lotion yang mengandung lima persen benzoyl peroxide, obat jerawat yang umum digunakan orang-orang.

Penting untuk diingat, meski minyak pohon teh sangat manjur namun dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi jika dioleskan langsung ke kulit. Untuk itu kamu harus menggabungkannya dengan minyak yang melindungi kulit.

Cara menggunakan tree tea oil untuk menghilangkan jerawat:

1. Campurkan 1 tetes tea tree oil dengan 1 sendok teh minyak yang sifatnya melindungi kulit

2. Celupkan kapas ke dalam campuran tersebut dan oleskan langsung ke jerawat

3. Oleskan pelembap

4. Ulangi proses ini 1–2 kali sehari, sesuai kebutuhan.

Gel Lidah Buaya untuk Menghindari Jerawat

Selain tree tea oil, bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah jerawat lainnya adalah lidah buaya.

Lidah buaya merupakan tumbuhan tropis dengan daun yang menghasilkan gel bening. Saat dioleskan ke kulit, gel lidah buaya telah terbukti membantu melawan bakteri, mengurangi peradangan, dan meningkatkan penyembuhan luka.

Hal ini membuatnya bisa menyembuhkan masalah psoriasis, ruam, serta luka bakar. Dan, tentunya membantumu untuk mengatasi jerawat.

Terdapat penelitian terbatas tentang kemampuan lidah buaya untuk melawan jerawat secara khusus, tetapi penelitian yang telah ada cukup menjanjikan. Lidah buaya mengandung lupeol, asam salisilat, nitrogen urea, asam kayu manis, fenol, dan belerang, yang semuanya menghambat bakteri yang dapat menyebabkan jerawat.

embed

(Gel lidah buaya mungkin lebih efektif jika dikombinasikan dengan pengobatan atau obat lain. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Studi lain menemukan bahwa menggunakan gel lidah buaya 50 persen dengan krim tretinoin secara signifikan lebih efektif dalam membersihkan jerawat daripada krim tretinoin saja. Krim tretinoin adalah obat jerawat yang berasal dari vitamin A.

Meskipun, gel lidah buaya dapat membantu menghilangkan jerawat dengan sendirinya, gel lidah buaya mungkin lebih efektif jika dikombinasikan dengan pengobatan atau obat lain.

Cara menggunakan gel lidah buaya untuk mengatasi jerawat:

1. Kikis gel dari daun lidah buaya dengan sendok

2. Oleskan gel ke kulit saat kamu menerapkan perawatan jerawat lainnya

3. Ulangi 1–2 kali sehari, atau sesuai keinginan

4. Kamu juga dapat membeli gel lidah buaya dalam kemasan secara online, tetapi pastikan itu adalah lidah buaya murni dan tidak mengandung bahan tambahan.

Selamat mencoba!


(yyy)

MOST SEARCH