INTERIOR

6 Pertimbangan Sebelum Membeli Lampu Meja

Gervin Nathaniel Purba
Kamis 27 Agustus 2020 / 10:31

Jakarta: Saat belajar atau bekerja di meja, fungsi pencahayaan menjadi sangat penting. Sayangnya, sebagian orang berpikir kehadiran lampu meja tidak diperlukan karena sudah mengandalkan pencahayaan dari lampu utama.

Namun, bagi kamu yang bidang pekerjaannya memerlukan detail, dukungan pencahayaan dari lampu meja sangatlah diperlukan. Sebelum membeli lampu meja, berikut enam hal yang perlu dijadikan bahan pertimbangan, seperti: 

1. Dapat diredupkan

Dikutip dari Asia One, lampu meja yang memiliki peran multifungsi harus memiliki fungsi yang dapat diredupkan, sehingga dapat menyesuaikan tingkat pencahayaan dengan kebutuhan.

2. Arah

Sekali lagi, ini tergantung pada jenis pekerjaan yang dilakukan. Pencahayaan terfokus atau jenis yang disediakan oleh lampu lengan ayun, misalnya. Sangat bagus untuk bekerja di atas meja.

Namun, jika kebanyakan bekerja di layar, lampu dengan penyebaran cahaya tidak terlalu keras (mencolok) di mata.

3. Warna

Pencahayaan LED putih terang (4,600 - 6,500K) dikatakan memberikan manfaat yang sama seperti cahaya alami. Juga, membantu meningkatkan fokus.

Namun, cahaya biru yang ada dalam kisaran suhu warna ini dapat menghalangi ritme sirkadian alami tubuh, karena tubuh tertipu untuk mengira itu terjadi pada siang hari.

Jika, kamu menggunakan lampu tugas untuk bekerja sebagian besar pada malam hari, pertimbangkan untuk menggunakan warna yang lebih hangat, agar dapat lebih mudah melepas lelah setelahnya.

embed

(Lampu berdiri membuat pernyataan gaya yang jauh lebih besar karena tingginya membuatnya mendominasi secara visual. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

4. Lampu meja

Ini menawarkan portabilitas dan merupakan opsi paling umum untuk lampu tugas. Pilih satu dengan profil ramping, sehingga tidak memakan terlalu banyak ruang di meja.

5. Lampu lantai

Lampu berdiri membuat pernyataan gaya yang jauh lebih besar karena tingginya membuatnya mendominasi secara visual. Ini lebih baik untuk pencahayaan yang lebih tersebar, atau jika kamu ingin mencerahkan sudut yang gelap.

6. Lampu dinding

Meskipun lampu dinding menghemat ruang, sifatnya yang tetap berarti harus merencanakan ruang dan aktivitasmu dengan baik. Ini bagus untuk lampu baca di samping tempat tidur. Terutama jika ruang bersantai terbatas.


(yyy)

MOST SEARCH