FAMILY

Alternatif Hiburan Anak Selama Pandemi

Gervin Nathaniel Purba
Selasa 18 Agustus 2020 / 16:56

Jakarta: Aturan jaga jarak selama pandemi covid-19 mungkin bisa dipahami oleh orang dewasa. Namun, bagi anak-anak mungkin masih butuh dijelaskan akan pentingnya menjaga jarak selama pandemi ini.

Selain diajarkan secara konsisten, pastikan juga anak tidak stres menerapkan aturan protokol kesehatan. Sesekali hibur mereka agar tidak bosan menerapkan protokol kesehatan tersebut dengan cara berikut ini:

1. Menikmati alam

Olahraga menjadi penting untuk kesehatan fisik dan mental. Untuk itu, ajak anak-anak berjalan-jalan menikmati alam di taman yang dekat rumah.

Pergi lebih pagi lebih bagus. Di samping masih hawanya masih sejuk dan adem, dan menjaga jarak dengan orang lain juga lebih mudah dilakukan.

2. Eksperimen sains di luar ruangan

Bergantung pada usia si kecil. Pilih eksperimen yang sesuai dengan usia untuk membuatnya tetap terhibur. Ini bisa menjadi sesuatu yang sederhana dan aman, seperti lampu lava atau gunung berapi soda kue.

embed

(Ajak anak-anak berjalan-jalan menikmati alam di taman yang dekat rumah. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

3. Membuat kue

Membuat kue bisa mendidik anak juga. Ini adalah cara bagus untuk membantu mereka mengembangkan keterampilan neutron motorik halus anak, dan juga memberi mereka alasan untuk mengikuti arahan, mengukur bahan dengan benar, serta berlatih membaca.

4. Cerita interaktif

Tugasi setiap anak sebuah karakter dalam buku dan minta mereka memerankan dialognya, daripada hanya membacanya dan membiarkan imajinasi mereka menjadi liar. Mereka bahkan mungkin mengubah akhir buku sambil memerankannya.

5. Pesta seni di luar ruangan

Cat, krayon, kapur, dan semua yang dibutuhkan untuk pesta seni luar ruangan yang mengagumkan. Biarkan kreasi mereka tumpah.


(yyy)

MOST SEARCH