KULINER

5 Cara Mudah Membuat Salad Buah yang Nikmat

Sunnaholomi Halakrispen
Kamis 27 Agustus 2020 / 11:23

Jakarta: Membuat salad buah yang enak tidak semudah yang kamu bayangkan. Bahkan, salad buah yang dijual pun tidak semua terasa enak bagi beberapa orang. Tetapi, salad buah terbaik hanya bergantung pada beberapa aturan sederhana. 

Dari buah yang keras dan mentah, potongan melon hambar dan nanas yang menggugah selera, hingga anggur licin dengan toping cokelat, sering kali tidak menarik. Dikutip dari Chowhound, kamu bisa membuat yang lebih menarik, dengan aturan dasar membuat salad buah. Begini caranya:

1. Pilihlah, tidak terikat pada resep

Kamu mungkin ingin sekali memilih jenis buah tertentu untuk salad. Tetapi, jika kamu tidak dapat menemukan contoh yang matang dari bentuk tersebut, kamu harus beralih ke rencana B. Jadi, pastikan untuk memiliki rasa nyaman. 

Lebih baik tidak mengonsumsi buah persik dalam salad buah daripada mengonsumsi buah persik yang renyah dan tanpa rasa. Sebab, pilihan buah dalam salad akan menjadi bagian utama, maka harus dibuat sesempurna mungkin. 

Jika, kamu tidak langsung membuat salad, kamu bisa mematangkan beberapa buah di rumah. Tapi periksa semua yang bisa kamu temukan di kios buah atau bagian produk dan pilih apa saja yang segar dan terbaik.

2. Seimbangkan tekstur untuk harmoni

Pikirkan rasa yang kamu inginkan pada salad, misalnya lembut dan lezat, tegas namun lembut, atau renyah seutuhnya? Kamu tentu dapat menggabungkan buah yang lembut dengan jenis yang lebih keras untuk variasi tekstur, tetapi akan sedikit membingungkan untuk mencampur buah yang sangat lembut (seperti persik musim puncak) dengan yang sangat renyah (seperti apel). 

Kerenyahan ringan buah naga atau belimbing dapat menjadi kombinasi yang luar biasa dari hasil bumi tropis lainnya yang lebih lembut seperti mangga dan leci. Atau semangka renyah bisa menjadi melon yang empuk dan kiwi yang agak licin.

Jika, kamu memilih campuran buah yang lebih lembut dan ingin menambahkan sedikit kerenyahan dengan cara lain, pertimbangkan untuk mencampurkan bahan lain. Misalnya, kacang panggang cincang, biji kakao, kelapa panggang, biji chia, keripik pisang kering, hati rami, dan camilan lezat lainnya.

embed

(Jika, kamu memilih campuran buah yang lebih lembut dan rasa yang renyah, tambahkan kismis, kurma, buah ara, bahkan mangga, nanas kering, atau ceri kering. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Jangan lupa juga untuk melirik biji delima, karena ini cara yang bagus untuk menambahkan warna dan kerenyahan. Namun, jika menggunakan apapun yang akan basah, pastikan untuk memisahkan elemen itu sebelum Anda menyajikannya.

Bersama dengan renyah dan lembut, tekstur yang tidak selalu muncul pada salad buah adalah kenyal. Kamu dapat menambahkan buah kering yang diiris atau dipotong dadu dalam bentuk apapun untuk menghidupkan suasana, jika itu menarik bagimu. Pikirkan kismis, kurma, buah ara, bahkan mangga, nanas kering, atau ceri kering.

3. Tingkatkan rasa

Meskipun, buah sudah benar-benar matang dan mengeluarkan rasa manis setelah kamu memotongnya, membuang semuanya dengan sedikit gula dan asam tambahan dapat membantu mengawinkan semua rasa. 

Menambahkan gula langsung ke buah seperti stroberi, nektarin, dan plum yang dipotong, akan membuat sirupnya sendiri setelah beberapa saat. Tetapi, kamu dapat dengan mudah membuat sirup sederhana untuk mempercantik semuanya. 

Metode sirup sederhana ini bahkan tidak perlu direbus. Jika, kamu ingin menambahkan rasa lebih lanjut ke dalam sirup, tambahkan serai, jahe, atau mint, untuk menambahkan lapisan kebaikan rasa ekstra.

Bahkan, kamu dapat membuat sirup dari buah lain. Seperti, sirup stroberi, sirup rhubarb, atau sirup cranberry. Atau gunakan sirup maple, madu, atau agave.

Asam tambahan, jika kamu membutuhkannya dapat berasal dari buah jeruk apa saja. Bahkan, cuka buah pun dapat bekerja, jika digunakan dengan takaran sedikit. Kuncinya, jangan takut untuk bereksperimen.

Untuk elemen segar, pilih ramuan favorit Anda dan tambahkan bahan herbal. Misalnya, mint adalah ramuan klasik, tetapi cobalah kemangi, bahkan timi, tarragon, rosemary (dipotong sangat halus atau dimasukkan ke dalam sirup), dan herba gurih lainnya. 

4. Ingatlah waktu

Beberapa buah lebih kuat dan akan bertahan dengan baik di lemari es bahkan setelah dipotong dan dicampur dengan bahan lain. Khususnya melon, tidak akan menjadi coklat atau kehilangan strukturnya. 

embed

(Baik salad hijau berdaun maupun salad biji-bijian yang lebih sehat mendapat manfaat yang sangat besar dari tambahan buah yang matang. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Buah beri yang lebih rapuh, akan berubah menjadi bubur atau menjadi lembek dengan cukup cepat. Sementara, buah batu yang subur bisa menjadi terlalu lunak dan berlumpur di lemari es atau lebih dingin setelah dipotong. Sedangkan, irisan pisang, pasti akan berlendir.

Jika kamu mengemas salad buah untuk disantap di tempat lain, pilih komponen yang dapat disimpan sebentar, atau bawa semuanya secara terpisah dan campurkan bersama setelah kamu pergi.

5. Perluas definisi tentang salad buah

Istilah salad buah biasanya mengacu pada campuran buah-buahan yang berbeda dan sedikit lainnya. Namun, kamu juga dapat membuat salad gurih yang berisi banyak buah segar yang cantik. 

Baik salad hijau berdaun maupun salad biji-bijian yang lebih sehat mendapat manfaat yang sangat besar dari tambahan buah yang matang. Kamu sudah tahu dan mungkin suka salad pir dan keju biru dengan manisan kenari, tapi jangan berhenti di situ.

Misalnya, kamu bisa mencoba adas serut dan salad stroberi. Arugula pedas, bawang merah, adas, cuka balsamic, kacang pinus, dan keju pecorino, tambahkan stroberi yang manis dan lembut. Atau coba resep Salad Mentimun Melon dengan menggabungkan melon dengan cukes, feta, lemon, dan merica.

Selamat mencoba!


(yyy)

MOST SEARCH