KULINER

Cara Mudah Buat Kopi di Rumah Seenak Coffee Shop

Kumara Anggita
Selasa 23 Juni 2020 / 17:31

Jakarta: Bila kamu termasuk yang rutin beli kopi, pasti pernah terpikir bahwa suatu saat kamu bisa membuatnya sendiri. Namun, kamu ragu karena takut hasilnya tak seenak dari kopi yang dijual toko.

Dilansir dari Huffpost, ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti agar kopi buatanmu rasanya bisa seenak yang ada di coffee shop favoritmu. Yang pertama perlu kamu siapkan adalah: 

1. Miliki alatnya

Idealnya, kamu membutuhkan penggiling duri dan timbangan dapur.

Apakah kamu menyeduh kopi dengan teko kopi tetes atau Chemex, salah satu peralatan terbaik yang dapat kamu beli untuk membawa kopimu ke tingkat selanjutnya adalah penggiling duri. Tidak seperti penggiling kopi standar, penggiling duri memungkinkan kamu untuk memilih kekasaran gilingan. Karena itu, mereka cenderung sedikit lebih mahal daripada penggiling kopi standar.

"Orang harus mendapatkan penggiling kopi duri karena saat itulah Anda dapat mulai merasakan secangkir kopi super personal dan menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda, alih-alih hanya meraup tiga cangkir ke dalam mesin kopi," kata Gabi Ingersoll, seorang barista di Peaks Coffee Perusahaan di Syracuse, New York.

Bila kamu sudah membuat kopi yang cocok. Kamu bisa menggunakan tumbangan dapur agar besok bisa mendapatkan kopi dengan rasa yang sama. 

embed

(Ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti agar kopi buatanmu rasanya bisa seenak yang ada di coffee shop favoritmu. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

2. Buat infused syrup

Membuat sirup sederhana yang diinfus lebih mudah dari yang kamu pikirkan lho. Dan, ini adalah cara yang menyenangkan untuk menambahkan rasa pada kopi favoritmu. Ingersoll adalah sebagian dari sirup stroberi sederhana. Ini bisa muncul berkat sejumlah stroberi yang pernah secara tidak sengaja dikirim ke kedai kopi.

Untuk membuatnya, iris satu liter stroberi dan masukan stroberi itu ke dalam panci dengan satu gelas air dan satu gelas gula. Didihkan dan kemudian kecilkan api selama 20-30 menit, pastikan sesekali diaduk. Setelah, cairan berwarna merah cerah dan stroberi matang, saring ke dalam wadah atau mangkuk yang tahan panas dan dinginkan di lemari es. Kamu juga dapat menggunakan sirup dalam kopi panas, tetapi akan terasa lebih bagus dalam minuman es.

embed

(Kamu juga dapat menggunakan sirup dalam kopi panas, tetapi akan terasa lebih bagus dalam minuman es. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

3. Buat es batu dari kopi

Kedengarannya sangat sederhana, tetapi sedikit membekukan kopi di nampan es batu dapat membuat minuman kopi dingin menjadi lebih enak. Ren Doughty, koordinator dukungan pelanggan untuk Batdorf & Bronson Coffee Roasters di Olympia, Washington, suka membuat kopinya menjadi dua kali lipat sebelum membekukannya.

"Anda mengeluarkan es batu, melemparkannya ke dalam kantong freezer Ziploc, dan sekarang Anda baru saja menyiapkan es batu kopi yang kuat ini untuk digunakan,” jelasnya.

Kamu juga dapat menjatuhkannya ke dalam es kopi, tetapi cara favorit Doughty untuk menikmatinya adalah dengan minuman campuran. Blitz tiga hingga empat es batu kopi dalam blender dengan sekitar lima ons susu dan satu sendok teh madu. 

Selamat mencoba! 


(yyy)

MOST SEARCH